Customer Ngga Loyal? Inilah 4 Tips Meningkatkan User Engagement Startup


User Engagement Min

User Engagement menjadi suatu hal yang penting bagi sebuah startup. Yup, semakin baik user engagement nya itu tandanya pengguna semakin nyaman untuk selalu menggunakan layanan sebuah startup baik itu dalam platform website atau aplikasi.

Percuma sekali, jika kamu memiliki traffik yang tinggi namun user engagementnya kecil. Traffik tinggi tapi tingkat interaksi penggunanya kecil. Nah, kali ini Dafunda Tekno akan memberikan tips meningkatkan user engagement.

4 Tips Meningkatkan User Engagement Startup


1. Dengarkan Curahan Hati Usermu

Ingat, saat ini kamu sedang membangun startup. Cobalah sesekali lakukan survei atau polling untuk mengetahui tingkat user engagaement startup kamu.

Ya, meskipun kini sudah banyak tool analitik yang beredar untuk mengetahui data metrik. Namun sekali lagi, diperlukan data yang lebih dari itu. Nah, dari sini bakal ketahuan bagaimana user memandang startupmu. Coba tingkatkan fitur yang benar – benar dibutuhkan oleh user. Dan buang fitur yang tidak diinginakn oleh user.


2. Berikan Reward Untuk Mengapresiasi User

User Engagement 1 Min
Leaderboards | Dafunda.com

Yup, untuk membangun customer relationship. Kita perlu melakukan program-program yang akan membuat customer kita semakin loyal. Apabila customer loyal pasti user engagementnya juga semakin baik. Nah, sesekali buatlah reward ataupun giveaway. Cara ini bisa memancing user untuk melakukan interaksi dan tak sadar bahwa ia akan mulai loyal dengan startupmu.

ARTIKEL TERKAIT
Moladin, Startup E-commerce Motor Online Raih Pendanaan 17,1 Miliar

Seperti di Dafunda, tiap bulannya kami memberikan hadiah kepada user yang mencapai top 3. Nah, cara seperti itu merupakan contoh bagaimana kita membuat reward untuk membangun user engagement.


3.Perhatikan UI/UX! Gunakan Tampilan yang Simpel, Bersih dan Menarik

User Engagement 2 Min

Tampilan UI/UX akan berpengaruh terhadap kenyamanan usermu.  Nah, sebelumnya kamu harus melakukan riset terhadap usermu. Kira-kira usermu itu tipikal nya seperti apa. Misal, kamu sedang membuat startup khusus wanita. Coba, buat pendekatan dalam sisi wanita. Bisa dicoba pakai background pink yang identik dengan wanita.

Selain itu, tata letak juga harus diperhatikan. Usahakan tampilannya simpel, bersih tapi tetap menarik.  Bayangkan jika website mu berantakan, gimana user mau nyaman untuk berinteraksi di websitemu.


4. Bangunlah Komunitas

User Engagement 3 Min

Kebanyakan startup juga membangun komunitas dalam startupnya. Dalams setiap platformnya biasanya ada kanal komunitas untuk memberikan wadah para user nya untuk berinteraksi. Contoh saja  Bukalapak, Tokopedia. Mereka juga membangun user engagement melalui komunitas secara online maupun offline.

 

ARTIKEL TERKAIT
Jangan Sampai Menyesal, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Merekrut Co-Founder

Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
1
Sedih
channabeck

Editor in Chief di Dafunda Tekno. Mahasiswa yang sedang tertatih mengembangkan bisnis startup.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik