Cara Hilangkan Tanda Silang Merah Di Baterai

Cara Menghilangkan Tanda Silang pada Baterai Laptop Windows 7 (100% work)


Apakah kamu pernah mengalami dimana icon baterai pada laptop kesayangan tiba-tiba muncul tanda silang merah dengan notifikasi “consider replacing your battery”?

Sebenarnya fungsi dari notifikasi tersebut untuk mengingatkan kamu bahwa baterai laptop tidak normal lagi dan perlu diganti. Namun adakala notifikasi tersebut tidak selalu benar. Beberapa laptop, Windows 7 pernah salah mendeteksi sehingga juga muncul notifikasi consider replacing your battery ini. Padahal keadaan baterai laptop tidak rusak dan masih normal.

Nah sebelum mengatasi masalah seperti ini, kamu harus memastikan dulu apakah baterai masih normal dan tidak perlu diganti. Dafunda Tekno menyarankan untuk men-charge baterai hingga penuh, kemudian cabut charge, gunakan seperti biasanya. Jika baterai habis dalam waktu kurang dari 30-40 menit, berarti baterai tersebut tidak normal lagi dan perlu diganti dengan baterai baru.

Sebaliknya, jika baterai kamu normal dan masih muncul tanda silang merah tersebut, kamu bisa mengikuti cara untuk menghilangkan tanda silang di notifikasi baterai berikut ini.

Cara Menghilangkan Tanda Silang di Baterai Windows 7

Update Terlebih Dahulu Windows 7

Udapte Windows 7

Hal yang perlu kamu lakukan pertama adalah update dulu Windows 7 kamu. Barang kali ada bug yang menampilkan notifikasi tanda silang pada baterai Windows 7.

BACA
Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi Tambahan

Install Service Pack 1 (SP1)

Cara Hilangkan Tanda Silan Di Windows 7

Pada Windows 7 SP1 sudah tersedia menu untuk mematikan notifikasi peringatan baterai ini. Caranya tinggal klik pada icon baterai lalu hilangkan centang “Warn me if my battery may need replacement”. Maka tanda silang pada baterai tadi akan hilang dan tidak mengganggu kamu lagi.

Mengandalkan Safe Mode

Safemode Windows 7

Cara ini juga berhasil dicoba oleh beberapa yang mengalami masalah tanda silang pada baterai di Windows. Kamu juga bisa mencobanya melalui langkah-langkah Dafunda Tekno berikan dibawah ini.

  • Isi daya baterai hingga penuh (100%) kemudian matikan laptop kamu tanpa mencabut charger-nya.
  • Hidupkan kembali laptop kemudian tekan F8 beberapa kali hingga muncul laman Advanced Boot Options. Lalu pilih Safe mode.
  • Jika sudah masuk kedalam laman Safe Mode, sekarang cabut charger yang terpasang.
  • Biarlah laptop menyala hingga mati sendiri karena baterai benar-benar habis. Jangan mengoperasikan laptop ketika menyala.
  • Jika sudah mati, kemudian pasang kembali charger laptop dan kemudian nyalakan laptop seperti biasanya.

Cara ini biasa berhasil membuat Windows 7 akan mengenali kondisi baterai laptop yang sesungguhnya.

BACA
Takut Dimata-matai di Windows 10? Ikuti 9 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Ubah Tampilan Baterai Biasanya dengan BatteryBar

Tampilan Baterybar

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan tidak berhasil, maka kamu bisa mengakali dengan cara mengganti icon notifikasi baterai default di Windows 7 dengan software alternatif seperti BatteryBar Basic secara gratis.

Cara Menggunakan BatteryBar Basic di Windows

  • Download aplikasi Battery Basic dan Install 
  • Klik kanan pada system tray
  • Pilih Toolbar
  • Lalu Enable BatteryBar

Itulah cara mengatasi tanda silang pada baterai di Windows 7 dan cara alternatif lain untuk tidak memunculkan masalah notifikasi “Consider replacing your battery” dan tanda silang merah yang mengganggu.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Marah Marah
0
Marah
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Kautsar Juhari

Founder & CEO Dafunda Community. Anime Favorit saya Gintama, Film Favorit Forrest Gump, dan Game yang paling sering saya mainkan adalah Pro Evolution Soccer.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek & Pop-culture
Polling
Buat Polling dan Ajak Komunitas untuk Memilih
Kuis Trivia
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds