3 Tips Membuat Website Bagi Progammer Pemula


Cara Membuat Website Min

Dalam era dunia digital, adanya sebuah website sudah menjadi hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Banyak sekali bisnis yang mulai mengandalkan website untuk kepentingan keberlanjutan bisnisnya. Entah itu hanya sebagai website company profile atau bahkan e-commerce dan marketplace. Namun, mungkin untuk seorang yang awam tentang dunia progamming akan sulit rasanya bagaimana cara memulai untuk belajar membuat website. Nah, kali Dafunda Tekno akan membagikan tips mengenai cara membuat website.

Tips Membuat Website Bagi Progammer Pemula

1.Tentukan Bentuk Website Anda Di Kertas Sebelum Ngoding


Prototype Membuat Website Min
Matangkanlah konsep di kertas terlebih dahulu | medium.com

Sebelum membuat website, sebaiknya anda membuat rencana (planning) terlebih dahulu mengenai tipe dan bentuk website yang ingin anda buat terlebih dahulu. Apakah anda ingin membuat website profile company, blog pribadi, e-commerce ataukah marketplace.

Tentukan dari sekarang! Cobalah membuat desain mengenai gambaran website anda menggunakan kertas dan pensil terlebih dahulu. Mengapa begitu? Karena ngoding itu bukanlah hal yang mudah bagi seorang yang baru terjun dalam dunia progamming. Anda lebih mudah menganti bentuk website melalui desain di kertas daripada merubah bentuk website ketika saat ngoding. Banyaknya bug dan lain – lain akan membuat anda jenuh. Jadi, pikirkan lagi matang – matang website seperti apa yang akan anda buat.

ARTIKEL TERKAIT
5 Tips "Mencuri" Target Pasar Generasi Millennial Dalam Bisnis

2. Pelajari Bahasa Pemrogaman Penunjang Pembuatan Website


Bahasa Pemrogaman Membuat Website Min
Bahasa Pemrogaman Populer | psafe.com

Mempelajari bahasa pemrogaman merupakan langkah selanjutnya. Banyak sekali bahasa pemrogaman yang digunakan untuk membuat website. Ada Phyton, Html, Php, Javascript, C# dan lain – lain. Sebenarnya, anda tidak perlu menguasai semua bahasa pemrogaman untuk membuat sebuah website.

Dalam website ada dua jenis yang harus ada yaitu client side (sisi pengguna) dan server side (sisi server). Dalam membuat website, paling tidak anda harus menguasai 4 elemen ini.

  • HTML
  • CSS
  • Client – Side (Misal : Javascript)
  • Server – Side (Misal : Php)

3. Pahami Tools Development Website


Dalam membuat website, ternyata juga ada alat untuk menunjang pengembangan website. Setelah anda mempelajari beberapa bahasa pemrogaman, anda juga perlu mengetahui tools untuk membuat website.

a. Text Editor

Text Editor Membuat Website Min
Text Editor | appvn.com

Dalam membuat website, tentunya kita perlu adanya sebuah wadah untuk menampung coding kita tulis. Kalau kita ingin membuat tulisan atau document kita biasa menulisnya di Microsoft Word. Nah, kalau coding kita perlu yang namanya text editor.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengunci File Tanpa Software Di Windows

Ada beberapa text editor yang mungkin bisa anda coba seperti Sublime, Notepad ++ dan Atom.

b. Web Server

Web Server Membuat Website Min
Web Server | technology-arena.com

Website tentu memerlukan sebuah server untuk beroperasi. Ada beberapa web server yang bisa kamu gunakan seperti Localhost, XAMPP, LAMPP, Mysql, Apache, Nginx dan lain – lain. Namun untuk pemula, biasanya banyak yang lebih memilih menggunakan Localhost atau bisa disebut server lokal.

Localhost artinya anda menggunakan server di komputer lokal. Sehingga, hanya anda saja yang bisa melihatnya. Ini direkomendasikan bagi progammer pemula yang ingin belajar website ataupun progammer yang masih berada dalam fase prototyping pembuatan website.

c. Website Framework

Web Framework Membuat Website Min
Web Framework | sciencesoft.com

Kalau tadi, anda sudah mempelejari bahasa pemrogaman dan sudah memiliki text editor dan web server. Sebetulnya, sudah cukup untuk membuat website. Tapi, itu tidak akan mudah. Karena, akan sulit dan melelahkan untuk melakukan pengodingan yang begitu panjang. Maka dari itu, perlu adanya sebuah web framerwork.

Web framework itu apa?

Web framework adalah semacam library ataupun kerangka yang akan mempermudah dalam membuat website. Jadi, anda tak perlu cape – cape ngoding dari nol. Karena struktur – struktur dasar dalam website sudah disediakan dalam framework ini. Jadi, anda tinggal menyesuaikan saja.

ARTIKEL TERKAIT
Ingin Investasi Uang Virtual ? Ini 5 Uang Virtual Yang Harus Kamu Tahu

Inilah beberapa framework yang bisa anda gunakan

PHP : Laravel, Codeigniter, Symfony, CakePHP, Yii, Phalcon, dan sebagainya
JavaSpring, JSF, Google Web Toolkit
JavascriptAngularJS, React, Angular, VueJS, ExpressJS, Meteor, EmberJS
PhytonDjango, Flask, Tornado
RubyRuby on Rails, Sinatra

Itulah 3 tips membuat website bagi progammer pemula. Semoga bermanfaat. See you next time, stay tune di Dafunda Tekno untuk melihat artikel tips dalam dunia progamming lainnya.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
channabeck

Editor in Chief di Dafunda Tekno. Mahasiswa yang sedang tertatih mengembangkan bisnis startup.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik