Pingin Buat Startup Kaya Tokopedia & Bukalapak? Ini Dia 4 Tips Jitu Membangun Startup Marketplace


Marketplace Min

Startup marketplace kini memang sangat menjamur di Indonesia. Berawal dari Tokopedia yang kemudian diikuti oleh Bukalapak. Selanjutnya, banyak startup yang terinspirasi untuk membuat startup berjenis marketplace. 

Nah, apakah kamu juga salah satu yang tertarik untuk membuat marketplace? Coba baca 4 tips membangun startup marketplace ini.

4 Tips Jitu Membangun Startup Marketplace


1.Gunakan Konsep Kolaborasi

Kerjasama Marketplace Tokopedia Dengan JNE Min
Tokopedia bekerjasama dengan JNE

Marketplace erat hubungannya dengan kata “kolaborasi”. Kolaborasi dengan merchant, penyedia jasa logistik dan bank untuk pembayaran. Marketplace kan dibuat untuk mempermudah proses transaksi. 

Contoh saja, Tokopedia kini sudah bekerja sama dengan 13 penyedia jasa logistik seperti JNE, JNT, Tiki, Go-send, Grap Express dan penyedia jasa logistik lainnya. Selain itu, tokopedia juga sudah berkolaborasi dengan bank dan penyedia jasa pembayaran offline seperti Alfamart dan Indomaret.


2. Cari Ide Brilian Untuk Pecahkan Solusi Dari Permasalahan yang Ada

Startup Marketplace Pembayaran Ritel Offline
Pembayaran Marketplace Sudah Bisa Dilakukan Melalui Ritel Offline

Yup, seorang founder startup bidang marketplace dituntut untuk bisa memecahkan permasalahan user. Contohnya Tokopedia, mereka memiliki prinsip untuk menyukseskan gerakan GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai). Dari prinsip itu, Tokopedia pun menolak untuk melakukan pembayaran melalui COD (Cash On Delivery). Padahal, dulu masyarakat Indonesia banyak yang nyaman bertransaksi secara COD untuk menghindari penipuan.

ARTIKEL TERKAIT
10 Aplikasi Perekam Layar HP Android Terbaik dan Terbaru 2018

Nah, untuk memecahkan masalah dan berhasil memberikan solusi dengan menyediakan sistem pembayaran “rekber”. Jadi, pembeli akan mengirim uangnya ke rekening milik Tokopedia. Dan nanti, jika barangnya sudah dikirim oleh penjual. Maka, uang tersebut akan dikirim di penjual.

Namun, hal itu juga tidak serta menyelesaikan masalah. Ternyata, ada masyarakat yang malas untuk pergi ke Atm atau transfer. Nah, Tokopedia pun memberikan solusi lagi dengan menyediakan pembayaran di ritel offline seperti Alfamart dan Indomaret.


 

3. Cobalah Lakukan Diferensiasi Terhadap Marketplace yang Akan Anda Buat

Marketplace Prelo Min
Prelo : Marketplace Khusus Jual Beli Barang Bekas & Sewa Barang

Semenjak Tokopedia dan Bukalapak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Banyak sekali muncul marketplace di Indonesia. Nah, jika kamu juga membuat marketplace yang sama. Hampir dipastikan cepat atau lambat, marketplace kamu akan digulung oleh kekuatan besar yang sudah ada.

So, gimana caranya? Kan aku juga pengen buat marketplace.

Nah, caranya adalah lakukan diferensiasi terhadap marketplace yang kamu buat. Contoh nih, ada startup yang bergerak dalam bidang marketplace jual beli barang bekas, namanya prelo.co.id.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Download dan Install Driver Laptop HP Model atau Seri Apa Saja

Nah, cara seperti itu bisa membuat marketplace kamu bisa tetap bertahan dari gempuran raksasa marketplace yang sudah ada. Dengan cara seperti ini pun, kamu akan tahu target market kamu secara spesifik. Sehingga, lebih mudah untuk melakukan treatment dan menjalin customer relationship.


4. Teruslah Berinovasi!

Shopee Min
Terobosan Baru Shoppe Untuk Mendobrak Keperkasaan Tokopedia & Bukalapak

Yup, tips terakhir adalah tetaplah berinovasi. Kini semakin banyak model startup yang menggunakan konsep marketplace. Nah, hanya startup yang mampu berinovasilah yang bisa mencuat di permukaan. Kita bisa meniru Shopee, dimana sebagai marketplace baru yang harus melawan kedigdayaan Tokopedia dan Bukalapak.

Shopee pun melakukan inovasi dengan memberikan terobosan “ongkir gratis”. Cara-cara seperti itulah yang bisa membuat marketplace anda diterima di masyarakat.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
channabeck

Editor in Chief di Dafunda Tekno. Mahasiswa yang sedang tertatih mengembangkan bisnis startup.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik