in , ,

Tetap Waspada Gempa dan Tsunami dengan Aplikasi Android Ini

Tetap waspada lingkungan sekitar dengan terjadinya gempa menggunakan aplikasi pendeteksi gempa di Android ini

Aplikasi Pendeteksi Gempa Di Android

Tidak heran lagi jika Indonesia cukup sering mengalami yang namanya gempa. Pasalnya Tanah air kita terletak di barisan Ring of Fire atau cincin api paficik. Itulah sebabnya negara kita adalah salah satu wilayah yang sangat rawan dengan namanya gempa bumi. Jadi tentu bencana seperti gempa bumi bahkan tsunami akan terjadi di sini.

Karena kita berada di wilayah yang rawan, maka sebagai penduduk cerdas, kita harus lebih waspada bencana. Sangat beruntung kita sudah memiliki kemajaun teknologi untuk mendeteksi gempa dari smartphone. Dafunda Tekno kali ini akan memberi tahu kamu aplikasi pendeteksi gempa di Android berikut.

Tetap Waspada Gempa dengan Aplikasi Pendeteksi Gempa di Android 

Aplikasi pendeteksi gempa kali ini bernama My Shake. Aplikasi ini dikembangkan oleh para ilmuwan serta peneliti di kampus UC Berkeley Sismological Laboratory, Amerika Serikat. Kamu bisa download aplikasinya melalui tautan berikut ini.

Download My Shake

Cara Kerja Aplikasi My Shake

Nah aplikasi My Shake ini akan mengumpulkan data seismograf atau getaran dari sensor pada smartphone kamu loh. Data ini setelah dikumpulkan ke sistemnya, nanti dijadikan sebagai early warning atau peringatan jika terjadi gempa.

ARTIKEL TERKAIT
Metro TV Sebar Video Hoax Gempa Bumi Banten, Benarkah?

Aplikasi ini nantinya akan memberitahu jika lokasi di sekitar kamu akan mengalami gempa. Dengan aplikasi ini pula bisa memantau titik lokasi gempa terbaru atau gempa yang baru terjadi dalam 7 hari ke belakang.

Cara Menggunakan Aplikasi Pendeteksi Gempa MyShake

Time needed: 5 minutes.

Tentu belum ada cara mengatasi gempa bumi atau cara mencegah tsunami, namun kita semua harus mengetahui cara mengurangi dampak gempa bumi terjadi. Dengan begitu, Dafunda Tekno harap tutorial ini dapat membantu kamu yang ingin mengetahui pusat gempa bumi terjadi dengan aplikasi Android berikut.

  1. Buka aplikasi

    Setelah membuka aplikasi, kamu bisa melihat peta berdasarkan lokasi GPS kamu. Di bagian bawahnya kamu juga bisa melihat indikator garis bewarna hijau. Itulah data seismograf dari HP kamu yang dikirim ke sistem server MyShake.Cara Mendeteksi Gempa Dengan Aplikasi Di Android 1

  2. Melihat data gempa yang terjadi

    Disini kamu akan melihat gempa yang baru saja terjadi. Seperti halnya kejadian gempa terjadi di Lombok dan juga Bali. Kita dapat melihat indikator gempa tersebut berbentuk lingkaran. Jika kamu klik pada indikator tersebut, maka kamu akan diarahkan ke website untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai gempa tersebut.Aplikasi Pendeteksi Gempa Di Android 2

  3. Aplikasi juga tersedia edukasi untuk gempa

    Aplikasi pendeteksi gempa ini juga memiliki fitur lain seperti edukasi mengenai keselamatan saat gempa bumi. Jika kamu tap ke menu Safety, disini kamu akan diberikan beberapa instruksi keselamatan ketika gempa sedang terjadi. Aplikasi Pendeteksi Gempa Di Android 3

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghapus Akun Google Secara Otomatis Saat Kamu Meninggal Dunia

Itulah aplikasi pendeteksi gempa di Android yang bisa kamu gunakan untuk mewaspadai bencana gempa terjadi. Dengan aplikasi ini kamu akan bisa berkontribusi dalam hal pengumpulan data sekaligus, dan kamu bisa memberitahu gempa akan terjadi. Tetap waspada ya kawan, semoga bermanfaat.

Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...

Ayo mulai berdiksusi