Teknologi Cloud Game, Nikmatnya Bermain Games Terbaru Dengan Perangkat Seadanya

Cloud Game atau Game Streaming service


Cloud Gaming Editable 1080x400

Pesatnya perkembangan teknologi di era modern saat ini sangatlah berguna bagi semua kalangan terutama bagi para gamers. Sedikit demi sedikit berbagai konten digital seperti musik, video, file shared, bahkan game juga tersedia secara online. Inovasi seperti ini akan terus berlanjut hingga sebuah komputer desktop tersedia dalam bentuk online cloud sepenuhnya.

Teknologi ini akan semakin berkembang . Hal ini diikuti oleh para pengembang software dan game PC. Hal ini sangat berpengaruh terhadap penggunaan komputer PC di zaman sekarang.

Tak heran, anggapan umum yang memandang bahwa bermain game PC hanya ditujukan untuk orang orang kaya saja melekat kuat di mata kalangan gamer. Namun masa – masa ini sepertinya tak akan berlangsung lama. Karena saat ini sudah mulai bermunculan perusahaan penyedia jasa layanan cloud streaming game, seperti layaknya layanan video online streaming.

Apa Itu Cloud Game atau Game Streaming Service?

Cloud Gaming Min
Apa itu cloud game? | readitquik.com

Cloud game merupakan sebuah media dimana seorang player dapat menjalankan game dengan akses dari internet. Lebih tepatnya player  tidak perlu menyiapkan spesifikasi PC yang memadai seperti yang biasa ditetapkan oleh developer game pada game mereka. Tetapi disini player hanya menggunakan PC yang terhubung ke internet dan komputer server dari cloud game tersebut yang menampung kinerja dari game tersebut.

ARTIKEL TERKAIT
Punya Teknologi Anti Razia, Transportasi Online Uber Jadi Incaran Polisi

Apa Sih Tujuan Dibuatnya Cloud Game ?

Cloudgaming Min
Cara kerja Cloud Game | arstechnica.com

Layanan cloud storage adalah layanan penyimpanan file di internet dimana file-file yang tersimpan bisa dikelola dari mana saja selama user masih terhubung dengan cloud storage tersebut melalui jaringan internet.

Seperti halnya layanan Cloud Storage, Cloud Game dibuat dengan tujuan agar pengguna dapat mengakses dan juga berbagi pengalaman bermain game dengan mudah hanya dengan terkoneksi ke internet tanpa harus memikirkan hardware apa yang perlu digunakan untuk menjalankan game berat sekalipun.

Dengan metode ini, diharapkan agar siapa saja dapat merasakan pengalaman bermain game. Baik itu game konsol maupun PC generasi terbaru, meskipun terhalang oleh keterbatasan hardware yang dimiliki.

Cloud Game Itu Tidak Seperti Emulator ?

https://dafunda.com/wp-content/uploads/2018/07/cloud-gaming-editable-1080x400.jpg
Tak seperti emulator | playgiga.com

Emulator sudah tidak asing lagi di kalangan para Gamers. Seperti yang kita ketahui emulator berfungsi untuk menjalankan software atau game console yang diinginkan hanya dengan menggunakan perangkat PC ataupun android yang sebenarnya tidak tersedia untuk perangkat tersebut.

Berbagai macam emulator game yang biasa digunakan seperti :

  • “PCSX dan Epsxe” emulator ini digunakan untuk menjalankan game game PS 1 pada perangkat desktop PC ,smartphone dan juga tablet.
  • “PCSX 2” digunakan untuk menjalankan game ps 2 untuk perangkat Desktop PC.
  • “N64” untuk menjalankan game game dari Nintendo 64.
  • “PPSSPP” emulator ini biasa digunakan untuk menjalankan game dari console PSP. Tersedia di perangkat PC , dan juga smartphone.
  • “Dolphin emulator” emulator Nintendo Wii untuk mobile smartphone, tablet dan juga PC.
  • Dan berbagai macam contoh lainnya.
ARTIKEL TERKAIT
Microsoft Hadirkan Game Mode di Windows 10 yang Mampu Percepat Game

Pada emulator-emulator game diatas tidak sepenuh nya dapat menjalankan game dengan sempurna karena terkendala status emu yang masih dalam pengembangan dan juga game yang dijalankan terlampau berat. Disamping itu pengguna juga diharuskan untuk mendownload emulator dan game yang ingin dimainkan terlebih dahulu dan di simpan pada perangkat pengguna.

Sedangkan “Cloud Games” diciptakan untuk mengatasi masalah ini. Pengguna sama sekali TIDAK PERLU mendownload, menginstal, menyimpan atau bahkan membeli game yang ingin dijalankan.

Layanan Cloud Game Tidak Seperti Youtube…..

Emago CLoud Game
Tidak seperti Youtube | emago.id                                                     

Dibanding dengan youtube yang hanya menggunakan kuota internet untuk menikmati streaming video yang kita inginkan. Cloud game untuk mengaksesnya pengguna harus menyewa dan juga berlangganan untuk kurun waktu tertentu, per jam, per hari, per minggu , perbulan sampai pertahun.

Atau pengguna dihadapkan pada sistem coint (Mikro transaksi/IAP) untuk dapat memainkan game game tertentu.

ARTIKEL TERKAIT
Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus

Beberapa layanan streaming game hanya tersedia untuk negara tertentu dan perangkat tertentu namun ada banyak pilihan, seperti :

  • Geforce Now, hanya tersedia untuk perangkat Shield milik Nvidia.
  • Playstation Now khusus untuk PC dan juga Perangkat milik Sony computer.
  • Gloud games hanya untuk regional cina meski demikian Versi Beta sudah tersedia. (Direkomendasikan untuk pengguna smartphone android).
  • Emago merupakan Cloud Gaming pertama di Indonesia, yang tersedia untuk perangkat PC.(tahap open beta 2, tersedia lebih dari 40 game seru yang dapat dimainkan didalamnya).
  • Google pun dikabarkan berencana untuk merambah industri game video melalui layanan streaming dan dikabarkan tengah mengembangkan layanan baru atau perangkat serupa konsol.

Apa sih yang harus dimiliki untuk menjalankan Cloud Streaming Game ?

  1. Perangkat elektronik salah satu diantaranya, seperti smartphone, Tablet, PC ataupun Laptop wajib dimiliki oleh pengguna.
  2. Koneksi internet super cepat dan stabil. (Pemasangan wifi rumahan diharuskan)
  3. Splikasi atau software tertentu milik perusahaan penyedia layanan Cloud streaming.
  4. Akun membership yang menandakan pengguna berlangganan dengan layanan streaming game tertentu.
ARTIKEL TERKAIT
Awas Adylkuzz, Serangan Virus Lebih Berbahaya Dari WannaCry

Teknologi ini merupakan terobosan yang menarik bagi para Gamers yang ingin merasakan game keluaran terbaru. Namun tidak berkeinginan untuk membeli console generasi terbaru dengan syarat yang tidak lah terlalu berat, namun dapat menikmati keseruan-keseruan yang tersedia dari game generasi terbaru .

Salam Gamers ~


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

3 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Herdian Rizkiansyah

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik