in , ,

3 Teknologi Yang Membantu Kinerja Pengadil Lapangan Pada Cabang Olahraga

CatatanMini Judul

Perkembangan zaman, berbagai teknologi bermunculan. Teknologi ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia diberbagai bidang, tak terkecuali pada bidang olahraga. Pada bidang olahraga teknologi membawa berbagai manfaat. Salah satunya untuk membantu pengadil lapangan untuk memberikan keputusan yang adil bagi kedua tim yang bertanding.

Seperti yang kita ketahui, setiap pertandingan olahraga terdapat wasit sebagai pengadil dilapangan. Namun, terkadang wasit juga manusia biasa yang bisa membuat keputusan yang tidak tepat. Untuk menghindari itu, memanfaatkan teknologi pada bidang olahraga dapat menyelesaikan hal itu. Adapun cabang olahraga yang telah menerapkan teknologi untuk membantu kinerja wasit, sebagai berikut.

3 Teknologi Yang Membantu Kinerja Pengadil Lapangan Pada Cabang Olahraga


1.  AR (Video Assistant Referees) pada olahraga Sepak

TimesOfMalta VAR 4
source image : TimesOfMalta – VAR

Video Assistant Referees (VAR) merupakan video yang berfungsi mengawasi jalannya pertandingan dengan menggunakan ruang kendali yang terhubung dengan kamera pengawas di stadion. VAR ini dapat membantu wasit mengevaluasi pertandingan jika terdapat pelanggaran sehingga wasit dapat bertindak adil.

VAR menggunakan ruang kendali yang terdiri atas 3 orang, diantaranya kepala VAR, Asisten kepala dan Operator yang bertugas me-replay video. Ruang kendali VAR disebut Video Operational Room (VOR). Untuk menghubungkan wasit dan tim VAR, mereka menggunakan HT dan earphone. Teknologi VAR ini pertama kali diterapkan pada Piala Dunia Rusia 2018.

ARTIKEL TERKAIT
5 Kamera Murah Terbaik Untuk Foto Saat Liburan Hanya 1 Jutaan

2. Goal Line Technology (GLT) pada olahraga Sepak Bola

Skysports Goal Line Technology 3892269
source image : skysports – goal line technology

Goal Line Technology (GLT) adalah teknologi yang digunakan untuk menentukan bola gol atau tidak dengan cara mengetahui kondisi bola yang sudah atau belum melewati garis gawang. GLT ini dilengkapi dengan kamera pengawas diberbagai sudut stadion yang diarahkan ke gawang. Cara kerjanya GLT ini ialah jika bola telah melewati garis gawang akan tertangkap sensor yang kemudian dikirimkan ke wasit. Wasit menerima sinyal sah atau tidaknya gol yang dikirimkan melalui jam tangan yang dipakai wasit.

Teknologi ini terinspirasi dari kejadian 16 Besar Piala Dunia 2010 Afrika Selatan antara Jerman vs Inggris. Saat itu tendangan bola Frank Lampard sudah melewati garis gawang Manuel Neur akan tetapi bola memantul keluar dan wasit tidak mengesahkan gol itu. GLT sendiri pertama kali digunakan pada babak semi final piala liga Inggris 2016/2017 dalam rangka uji coba sebelum digunakan pada Liga Inggris 2017/2018. Pada piala dunia 2018 Rusia, FIFA juga menerapkan teknologi ini.


ARTIKEL TERKAIT
Tawarkan Kemudahan Pengiriman Barang, Inilah Daftar Startup Logistik Di Indonesia (Part 1)

3. Instant Review Technology dalam Olahraga Bulu Tangkis

Instant Review Technology BWF News
source image : BWF News – Instant Review Technology

Instant review technology merupakan alat untuk mereview momen pertandingan, dengan alat ini dapat diketahui bola bulu tangkis masuk atau keluar lapangan. Alat ini bertujuan untuk mereview kembali keputusan wasit seadil-adilnya. Riview ini menggunakan dalam bentuk animasi. Untuk menghasilkan animasi gerakan shuttlecockpada sistem ini, lapangan tersebut akan dipasangi delapan kamera kecepatan tinggi yang diarahkan pada garis belakang dan garis sisi kedua sisi lapangan, kemudian kamera tersebut dihubungkan oleh serat optik ke komputer di tepi lapangan. Kamera Hawkeye memiliki kecepatan mengambil 660 gambar per detik, dengan pengaturan waktu dua detik delay yang memungkinkan wasit untuk segera mengkonfirmasi tempat mendaratnya shuttlecock.

Dengan teknologi ini, keputusan wasit yang diambil tidak perlu diragukan lagi, karena alat ini dijamin 100%. Alat ini pertama kali diterapkan pada Indonesia Super Series Premier yang diselenggarakan pada 10-16 Juni 2013.

Ayo mulai berdiksusi