Selfie Secara Berlebihan Kini Dikategorikan Sebagai Kelainan Mental


Selfie Gangguan Mental

Waktu mendengar kabar ini sebenarnya kami juga bingung. Selfie secara berlebihan dikategorikan sebagai keterbelakangan mental? tentu  tidak semudah itu ferguso. Kami rasa tidak ada hal yang bakal membuat kamu sakit hanya karena mengambil foto selfie.

Pada tahun 2014 lalu, American Psychiatric Association menetapkan istilah “Selfitis” untuk mengacu pada kelainan mental berupa kegemaran mengambil foto selfie. Dan seperti sejalan dengan pendapat kami, berita tersebut cuma Hoax Belaka.

Berawal dari Hoax, Peniliti merasa penasaran dengan kemungkinan terjadinya Kelainan Mental Akibat Selfie Berlebihan

Selfie Keterbelakangan MEntal

Sekelompok peneliti dari Notthingham Trent University dan Thiagarajar School of Management di India rupanya penasaran. Walau didasari oleh berita bohong, kemungkinan bahwa orang yang sering Selfie secara berlebihan mengalami gangguan mental tetap belum dipastikan.

Untuk itulah mereka melakukan studi dengan melibatkan 225 mahasiswa dari kedua kampus. dan Hasilnya? tim peneliti mengklaim bahwa kelainan mental “Selfitis” ternyata memang nyata.

“Kami nampaknya bisa mengkonfirmasikan keberadaan (selfitis) dan telah membuat ‘Skala Perilaku Selfitis’ pertama di dunia untuk mengevaluasi kondisi subyek,” tutur Dr. Mark Griffiths dari Departement Psikologi Nottingham Trent University.

ARTIKEL TERKAIT
Wujud Xioami Mi Max 3, Smartphone dengan Baterai Jumbo Berbodi Langsing

Tidak Semua Orang Setuju dengan Hasil Studi Tersebut

Selfie Senyum
Grup Selfie | phys.org

Walaupun sudah dianggap nyata oleh kedua universitas tersebut, tidak semua pihak setuju dengan hasil studi diatas. Dr. Mark Salter, juru bicara The Royal College of Psychiatrists menyuarakan kritik dan mengatakan bahwa fenomena “selfitis” seharusnya tidak ada dan tidak seharusnya ada.

“Ada kecenderungan untuk melabeli serangkaian perilaku kompleks manusia dengan satu kata. Tapi ini berbahaya karena bisa membuat sesuatu menjadi nyata, padahal sebenarnya tidak,” kata Salter.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
1
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Kautsar Juhari

Founder & CEO Dafunda Community. Anime Favorit saya Gintama, Film Favorit Forrest Gump, dan Game yang paling sering saya mainkan adalah Pro Evolution Soccer.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik