Gawat! 1.000 Lebih Rekaman Google Assistant Bocor

in
Rekaman Google Assistant

Saat ini privasi dianggap sudah sangat sepele. Sebagian dari layanan internet banyak terdengar mengalami kebocoran data, termasuk baru-baru ini layanan Google Assistant.

Menurut laporan dari salah satu stasiun TV berasal Belgia VTR NWA, sebuah perangkat Android yang telah tersemat Google Assistant diketahui merekam isi percakapan di dalam rumah pemilik handset.

Selain itu, masalah serupa tentang kebocoran juga terjadi di speaker pintar Google Home. Mengingat di dalamnya juga sudah tertanam asisten pintar milik Google tersebut, speaker ini juga berhasil merekam suara dari sang pengguna secara diam-diam dan bisa didengar oleh pegawai Google.

Rekaman di Google Assistant Bocor

‘VRT NWS juga berhasil mendengar lebih dari 1.000 kutipan yang terekam. Sebanyak 153 kutipan yang seharusnya tidak direkam, di mana pengguna tidak mengaktifkan perintah ‘Ok Google’, ungkap VRT NWS seperti yang Dafunda Tekno dari Mashable.

Seperti yang perlu diketahui, sama halnya dengan Alexa milik Amazon, staf Google memang ada yang memiliki tugas untuk mendengar rekaman dari Google Assistant dan mereka juga digaji. Lalu mereka bertugas untuk menyalin ke dalam sebuah teks.

Artinya ada orang yang mendengarkan setiap permintaan yang diajukan ke perangkat pintar atau smartphone pengguna. Namun, hal ini mungkin tidak sama dengan yang diharapkan pengguna, di mana rekaman perintah tersebut bersifat pribadi dan tidak didengar oleh orang lain.

Lalu apa-apa saja rekaman yang bocor tersebut? seperti yang di dengar oleh VTR NWS, ada beberapa percakapan diantaranya diskusi di kamar tidur (hal intim), obrolan anak dan orang tua, hingga sederetan lagu serta panggilan telepon profesional yang memuat informasi pribadi di dalamnya.

Google akhirnya menanggapi masalah yang serius tersebut dengan mengkonfirmasi memang benar adanya yang disebutkan oleh VRT NWS. Namun pemilik mesin pencari raksasa ini mencoba untuk meluruskan, bahwa pesan yang terekam di Google Assistant tersebut di simpan lalu ditransferkan ke Google untuk dilakukan analis.

Dalam syarat memang sudah disebutkan bahwa setiap pesan suara apa saja yang sudah diutarakan di Google Assistant akan direkam lalu disimpan. Namun banyak orang tidak menyadari atau tidak peduli sama sekali jika pegawai Google diperbolehkan untuk mendengar isi rekaman itu.

Sehingga tim Keamanan dan Privasi turun tangan dalam masalah tersebut. Mereka saat ini sedang menyelidiki dan akan mengambil tindakan. Semoga saja kasus yang seperti ini tidak terjadi lagi ke depannya.

Ayo mulai berdiksusi