Rectenna, Perangkat yang Bisa Charge Smartphone Hanya Berbekal Sinyal Wifi Saja

Rectenna Mengubah Sinyal Wifi Menjadi Listrik Wireless Charging 1

Inovasi terus berkembang, baru saja inovasi wireless charging ditemukan. Kini ada terobosan baru dalam proses charge baterai smartphone. Dikabarkan kini telah ditemukan metode charge baterai smartphone hanya berbekal jaringan Wifi saja.

Ilmuan Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan cara untuk melakukan pengisi daya ke baterai smartphone dengan Wifi. Mereka berhasil mengubah energi dari sinyal Wifi menjadi daya untuk mengecharge baterai.

Begini Cara Kerja Rectenna Mengubah Sinyal Wifi Menjadi Listrik

Rectenna Mengubah Sinyal Wifi Bisa untuk Charge Smartphone
Rectenna | Zhang et al./Nature

Produk yang dibuat mereka namakan Rectenna. Produk ini mampu mengubah gelombang elektromagnetik AC menjadi daya listrik DC. Melalui jurna Nature, mereka menjelaskan kerja dari Rectenna ini.

Jadi, Rectenna memiliki antena frekuensi radio yang bertugas untuk menangkap gelombang elektromagnetik berupa sinyal Wifi sebagai gelombang AC.

Kemudian, antenna ini akan disambungkan dengan semikonduktor di dalam Rectenna. Nantinya semikonduktor akan mengubah Sinyal Wifi (Gelombang AC) menjadi daya DC yang nantinya dapat digunakan untuk mengecharge smartphone dan alat elektronik lainnya.

Jadi begitulah cara kerja produk Rectenna yang dapat mengubah sinyal wifi menjadi listrik. Semoga, kedepannya dapat diproduksi massal sehingga kalian tidak butuh stop kontak lagi buat ngecharge smartphone kalian.

Ayo mulai berdiksusi