Berhasil Menyalip Samsung, Oppo Jadi Pabrikan Ponsel Nomor Satu di Indonesia

in
Ponsel Paling Laku Di Indonesia

Salah satu vendor smartphone asal China, Oppo kali pertama mampu menggeser posisi Samsung sebagai raja smartphone di Indonesia. Hasil ini diketahui lewat laporan dari lembaga riset pasar Canalys di kuartal kedua 2019.

Canalys mencatat pangsa pasar Oppo di Indonesia dalam priode tersebut bisa mencapai 26 persen, tumbuh hingga 54 persen secara year over year (YoY). Meskipun Samsung juga ikut meningkat sebesar 10 persen secara YoY, namun perusahaan asal Korea ini terpaksa turun ke posisi kedua dengan selisih 2 persen saja.

Raja Smartphone atau Smartphone Paling Laku di Indonesia

Oppo mengklaim beberapa seri ponsel dari A dan F menjadi sebagai kunci dalam meningkatkan pangsa pasar Oppo dalam priode tersebut. Beberapa tipe tersebut seperti A1k, A5s, F11, F11 Special Online Edition, dan F11 Pro yang memberikan kontribusi lebih terhadap angka market share di kuartal ini.

Berdasarkan Canalys, penjualan secara ritel di toko-toko (offline) juga menjadi juru kunci Oppo.

Raja Smartphone Di Indonesia

Kembali ke laporan Canaly, Xiaomi mendapat rapor merah di kuartal yang sama. Laporan tersebut mencatat, pesain Oppo berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 19 persen dan mengalami penurunan 9 persen dari tahun sebelumnya.

Sedangkan di posisi ke empat, ada Vivo dengan nilai pangsa pasar sebesar 15 persen yang mengalami pertumbuhan secara YoY sangat signifikan yaitu 62 persen. Lalu, ada pendatang baru Realme yang berhasil naik ke posisi lima dengan jumlah market share 7 persen.


Ada Perbedaan Laporan

Menurut hasil yang dikeluarkan oleh firma riset Counterpoint Research terdapat sedikit perbedaan. Mereka juga baru saja merilis hasil riset pangsa pasar penjualan smartphone di Indonesia Q2 2019 pada pekan lalu.

Oppo menurut Counterpoint berada di posisi ketiga dengan market share 17 persen, bisa dibilang tidak berubah dari tahun lalu. Ini jelas sangat berbeda dari hasil laporan Canalys yang menempatkan Oppo di urutan pertama.

Sedangkan di urutan pertama menurut Counterpoint masih dari perusahaan smartphone asal Korea Selatan yakni Samsung dengan pangsa pasar 27 persen. Lalu, disusul oleh Xiaomi di peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 21 persen di kuartal kedua 2019.

Namun Canalys atau Counterpoint masih sama-sama menempatkan Realme berada di peringkat ke lima sebagai pendatang baru.

Ayo mulai berdiksusi