Bahasa Pemrogaman Aplikasi Mobile Min

5 Bahasa Pemrogaman Terpopuler Untuk Membuat Aplikasi Mobile


Dalam beberapa terakhir aplikasi mobile mulai merajai pasar dunia. Terlihat dengan banyaknya aplikasi mobile yang muncul di Playstore ataupun App Store tiap harinya. Mungkin dari kalian ada yang tertarik mencoba peruntungan membuat aplikasi mobile. Namun sebelum itu, mungkin kalian harus mengetahui bahasa pemrogaman apa saja yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile.

5 Bahasa Pemrogaman Terpopuler Untuk Membuat Aplikasi Mobile

1. Java (Android)

Java Code Min

Bahasa pemrogaman Java menjadi sangat populer di kalangan developer aplikasi mobile.  Bahkan, sejak Google menggunakan Java sebagai bahasa resmu dalam software pembuat aplikasi android miliknya yang bernama Android Studio.

2. Kotlin (Android)

Kotlin Min

Kotlin merupakan bahasa pemrogaman baru milik perusahaan asal Ceko bernama Jetbrains. Kotlin resmi menjadi bagian dari bahasa yang digunakan Android Studio untuk mengembangkan aplikasi mobile. Pada bulan Mei dalam event Google I/O 2017 lalu, tim Google resmi memperkenalkan dan akan memberikan dukungan penuh terhadap Kotlin.

Kotlin sendiri merupakan perbaikan dari Java. Kotlin dapat meminimalkan jumlah baris codingan dari Java. Jika ada 20 baris kode Java, Kotlin dapat melakukannya hanya dengan 2 baris saja. Hebat bukan?

BACA
Cara Mudah Mengetahui Lokasi Pacar dengan Menggunakan Nomor HP

Uniknya lagi, Java dan Kotlin bisa dipakai secara bersamaan dalam satu aplikasi. Jadi, aplikasi yang kalian buat nantinya bisa berupa campuran antara Java dan Kotlin.

3. Swift (iOS)

Swift Min

Swift menjadi bahasa pemrogaman utama bagi para pengembang aplikasi iOS. Bahasa ini diperkenalkan pada tahun 2014 silam dan mulai dibuka source code nya pada tahun 2015 lalu. Jika kalian ingin mengembangkan aplikasi iOS, maka cobalah untuk memakai bahasa Swift.

4. Objective-C (iOS)
Bahasa Pemrogaman Objective C
Objective C | Quora.com
Bahasa Pemrogaman Objective C
Objective C | Quora.com

Sebelum Swift muncul, bahasa Objective – C digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS. Meskipun sekarang, bahasa pemrogaman untuk pengembangan aplikasi iOS sudah beralih ke Swift. Nyatanya, bahasa Objective – C masih dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi iOS.

5. JavaScript (Cross Platform)
Bahasa Pemrogaman JavaScript
JavaSript | youstartlabs.in

JavaScript berbeda dengan bahasa Java. Tentunya JavaScript sendiri lebih mudah untuk dipahami daripada Java bagi progammer pemula. Kalian bisa memakai framework React Native atau Ionic untuk membuat aplikasi mobile menggunakan bahasa JavaScript ini. Karena berupa cross platform, nantinya kalian dapat membuat aplikasi Android dan iOS hanya dalam satu sumber saja.

BACA
Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus

Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Marah Marah
0
Marah
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
channabeck

Editor in Chief di Dafunda Game. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.

Bermain game gak bikin bodoh kok ! Justru  ada moral value yang dapat kita pelajari dalam tiap video game.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek & Pop-culture
Polling
Buat Polling dan Ajak Komunitas untuk Memilih
Kuis Trivia
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds