Laptop MacBook Pro Dilarang Masuk Pesawat, Ini Penyebabnya!

in
Macbook Pro 15 Inci Meledak Di Pesawat

Lembaga penerbangan sipil Amerika Serikat (AS) FAA kini melarang bagi penumpang yang membawa laptop MacBook Pro masuk ke dalam kabin pesawat. MacBook Pro yang dimaksud adalah MacBook Pro 15 inci yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2015.

Alasan larangan itu diterapkan oleh FAA setelah adanya imbauan dari Apple bahwa MacBook Pro model tersebut rawan terbakar atau meledak.

MacBook Pro Dilarang Masuk ke dalam Pesawat

Larangan membawa masuk MacBook Pro itu langsung diterapkan demi keselamatan penerbangan. Namun, belum dipastikan bagaimana cara para petugas bandara atau maskapai penerbangan untuk mengecek MacBook Pro dengan baterai yang cepat terbakar itu.

Tetapi ada sedikit gambaran di mana salah satu grup maskapai penerbangan Eropa, TUI Airlines juga ikut memberikan imbauan larangan membawa MacBook Pro mulai dari boarding gate dan sebelum penumpang melakukan take-off.

Seperti yang diketahui, ini bukan kali pertama barang elektronik dilarang masuk ke dalam pesawat. Di tahun 2016 lalu, smartphone dari Samsung Galaxy Note 7 juga ikut dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat.

Hal tersebut juga sama dikarenakan baterai Galaxy Note 7 dilaporkan bermasalah dan mudah meledak. Kasus-kasus meledak Galaxy Note 7 itu juga terjadi beberapa kali.

Walaupun berada di tengah isu tersebut, Apple menegaskan tidak semua MacBook Pro 15 inci (2015) mempunyai baterai yang bermasalah.

Di AS sendiri seperti yang dilaporkan Bloomberg, ada sekitar 432.000 unit MacBook Pro yang memiliki baterai bermasalah, sementara di Kanada ada sekitaran 26.000 unit.

Cara Mengetahui MackBook Pro Bermasalah

Nah, untuk mengetahui apakah MacBook Pro 15 inci (2015) itu bermasalah atau tidak, kamu bisa mengunjungi situs Battery Recall Program milik Apple di tautan Ini.

Di dalam situs tersebut, kamu bisa memasukkan serial number produk mengenai informasi terkait MacBook Pro yang kamu beli dan baterainya mudah meledak atau tidak.

Jika baterai MacBook Pro kamu bermasalah, maka Apple akan menawarkan baterai gratis dengan jumlah mekanisme yang telah dicantumkan di situs tersebut.

Ayo mulai berdiksusi