Cara Melindungi Anak Dari Smartphone Android Min

6 Pengaturan Smartphone Android yang Wajib Untuk Anak Dibawah Umur


Sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang, termasuk juga anak-anak. Berbeda zaman dulu, sekarang anak-anak juga membutuhkan smartphone untuk aktivitas sehari-harinya. Jika tidak diberikan bisa-bisa mereka kudet dan tidak tahu teknologi.

Namun, penggunaan smartphone bagi mereka juga tidak lepas dari pengawasan orang tuanya. Nah kali ini Dafunda Tekno akan memberikan tips untuk pengaturan smartphone Android yang wajib diterapkan untuk anak dibawah umur.

6 Pengaturan Smartphone Android yang Wajib Diterapkan Untuk Anak Dibawah umur

1. Pakai Google Family Link

Cara Melindungi Anak Dari Smartphone Android (1)Google lebih dulu memperhatikan soal aplikasi untuk mengakomodir anak usia dibawah 13 tahun yang belum bisa mendaftarkan akun Google. Kebanyakan anak memalsukan umur supaya bisa membuat akun. Hal itulah yang sangat dihindari oleh Google dengan menciptakan aplikasi bernama Google Family Link.

Supaya konten yang dikonsumsi anak terbatas, maka install aplikasi ini untuk memudahkan anak saat membuat akun. Keuntungan lain aplikasi ini adalah kamu selalu bisa memantau dan mengontrol aktivitas si anak karena akun Google miliknya terhubung dengan aplikasi tersebut. Jika ingin download aplikasinya, bisa melalui tautan dibawah ini.

 

Download: Google Family Link


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Inilah 10 Situs Yang Banyak Dikunjungi Pengguna Internet Seluruh Dunia


2. Hidupkan Parental Controls di Play Store

Cara Melindungi Anak Dari Smartphone Android (2)Sudah banyak aplikasi di Play Store yang dibuat dengan berbagai kategori dan tujuan masing-masing. Namun ada beberapa diantara aplikasi di Play Store khusus dewasa yang tidak layak untuk digunakan untuk anak-anak dibawah umur.

Dengan demikian, kamu sebagai orang tua perlu mengaktifkan fitur Parental Controls di Google Play Store smartphone Android Anak. Cara mengaktifkannya cukup mudah, yaitu cukup masuk ke Play Store – pilih menu SettingsParental Controls – pilih On. Kamu bisa menyaring dan mengontrol mana aplikasi yang tidak layak untuk mereka.


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Balon Udara Milik Google Siap Sebarkan Internet di Kenya


 

3. Hidupkan Parental Controls di Google Chrome

Cara Melindungi Anak Dari Smartphone Android (3)Masih dengan fitur dan fungsi yang sama. Bedanya fitur parental Controls ini diterapkan pada browser (misalkan pada Google Chrome) yang tersedia di smartphone Android Anak. Caranya cukup mudah tinggal pergi ke menu Settings – pilih Accounts & Privacy – kemudian aktifkan opsi SafeSeacrh.


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Cara Mengatasi Website atau Blog yang Terkena Mirror/Kloning (Copy Paste Data Situs Kamu)


4. Mengandalkan Fitur Family Library

Cara Melindungi Anak Dari Smartphone Android (4)Ini adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol anak saat menggunakan smartphone Android yang ada pada Google Play Store. Family Library adalah fitur yang memungkinkan kamu serta anggota keluar, termasuk anak dibawah umur berbagi informasi tentang aplikasi. Artinya dengan adanya menjalin komunikasi seperti ini, maka kamu bisa mengawasi aplikasi apa saja yang layak untuk dipakai oleh anak.


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Begini Caranya Mendapat 5000 Followers Instagram Hanya dalam Satu Hari


5. YouTube > YouTube Kids

Cara Melindungi Anak Dari Smartphone Android (5)YouTube juga sudah menyediakan versi buat anak-anak yang diberi nama dengan YouTube Kids. Aplikasi YouTube khusus untuk anak ini telah memberikan rekomendasi video yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi akan munculnya video-video yang kurang layak untuk ditonton oleh mereka di YouTube. Download aplikasi YouTube buat anak melalui tautan dibawah ini.

Download: YouTube Kids


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Google Gelar Demo Day Asia, Peluang Startup Indonesia Gaet Investor Global


6. Pantau Keberadaan Anak dengan Find My Device

Cara Melindungi Anak Dari Smartphone Android (6)Aplikasi Find My Device fungsi utamanya adalah untuk menemukan smartphone Android kamu yang hilang atau dicuri. Namun dengan aplikasi ini kamu juga bisa memanfaatkan untuk terus memantau lokasi smartphone yang dipakai oleh si anak. Kamu tentu harus memiliki akses akun Google mereka, sehingga kamu sudah bisa memantau keberadaan kapan yang dibutuhkan.


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Cara Mengubah Kuota Videomax Telkomsel Menjadi Kuota Flash Cukup Mudah


Itulah 6 pengaturan yang smartphone Android yang wajib diterapkan untuk anak dibawah umur. Jangan pernah meremehkan bahaya yang ditimbulkan dari smartphone Android mereka ya. Seperti kasus anak kecil nonton video porno yang pernah Dafunda bagikan sebelumnya. Tentu kamu tidak ingin hal buruk tersebut terjadi pada keluarga atau kerabat kamu bukan?


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Marah Marah
0
Marah
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Kautsar Juhari

Founder & CEO Dafunda Community. Anime Favorit saya Gintama, Film Favorit Forrest Gump, dan Game yang paling sering saya mainkan adalah Pro Evolution Soccer.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik