Semakin Maju, Ini Dia Penerapan Teknologi Augmented Reality Di 5 Bidang yang Berbeda


Arrr

Pada saat ini perkembangan teknologi sudah maju sangat pesat. Apalagi semua orang sudah mengerti betapa canggihnya teknologi sekarang. Augmented reality yang sering di singkat AR, sekarang semakin maju dan menjadi topik yang sangat dibahas oleh kalangan dunia. Karena penggunaannya yang terus meningkat, augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan dua dunia yaitu dunia nyata dan dunia virtual. Artinya gambaran kehidupan nyata yang sudah diintegrasikan dengan objek virtual seperti gambar, suara, lokasi, maupun video. Augmented reality bisa mengubah orang bagaimana cara memandang dunia. Augmented reality sudah banyak di terapkan disegala bidang dengan fungsi yang berbeda – beda. Berikut 5 contoh penerapan teknologi augmented reality di berbagai bidang

Ini Dia Penerapan Teknologi Augmented Reality Di 5 Bidang yang Berbeda


1. Pendidikan

Augmented Reality Pendidikan Zoo Burst Min
Zoo Burst | app-store.es

 

Di bidang Pendidikan tentunya teknologi sangat dibutuhkan. Apalagi sebagai sarana edukasi untuk proses pembelajaran. Karena visualisasi merupakan bagian terpenting untuk menyampaikan suatu informasi, dibandingkan dengan hanya memberikan informasi materi pengajaran saja. Karena visualisasi lebih dapat menjadi daya tarik kepada peserta pembelajaran untuk menyampaikan informasi. Dengan memperlihatkan objek yang unik menarik minat belajar untuk lebih tahu tentang informasi yang dijelaskan. Banyak aplikasi yang membantu untuk pembelajaran, seperti aplikasi zooburst.  Aplikasi ini mengajak para peserta pembelajaran untuk ikut berinteraksi dan menjadi bagian dari cerita. Melibatkan peserta ke dalam cerita secara digital dengan merancang buku menggunakan objek 3D.

ARTIKEL TERKAIT
10 Antivirus Terbaik yang Ringan Sehingga Tidak Membuat Komputer Lemot

2. Kedokteran

Augmented Reality Kesehatan Min
Aplikasi Evana’s Eyes-on Glasses | b60apps.co.uk

 

Augmented reality juga mampu dimanfaatkan dalam dunia kedokteran. Karena teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran untuk berbagai macam simulasi dari simulai operasi, pembuatan vaksin maupun yang lainnya. Contohnya aplikasi yang diperuntukan kepadda perawat, yaitu evana’s Eyes-on Glasses yang dapat membantu perawat mengerjakan tugasnya dalam mengecek kondisi pasien. Aplikasi Evana’s Eyes-on Glasses ini bermanfaat untuk membantu perawat memasukkan jarum kedalam pembuluh darah tanpa kesusahan. Nantinya alat ini akan diproses dan hasil kondisi pasiennya ditampilkan ke bentuk augmented reality.


3. Militer 

 

Augmented Reality Militer Min
Juga Digunain Buat Militer Loh | gmbox.ru

Augmented reality sangat berguna untuk menghemat pengeluaran dalam militer. Bayangkan apabila militer harus melatih para tentara mereka di medan perang yang asli. Untuk mengirim satu peleton saja, mereka harus mengeluarkan uang yang sangat besar. Belum lagi apabila pada saat pelatihan, salah satu prajurit mengalami sakit, atau kecelakaan. Sebagai contoh, militer menggunakan augmented reality untuk membuat sebuah permainan perang. Dimana prajurit akan masuk kedalam dunia game tersebut dan seolah-olah seperti melakukan perang sungguhan.

ARTIKEL TERKAIT
Mengenal Perkembangan Augmented Reality, Virtual Reality dan Mixed Reality

4. Industri

Augmented Reality Pemasaran Min
Brosur 3D | Emaze.com

 

Dalam bidang pemasaran perusahaan sering menggunakan beberapa cara untuk mengiklankan produknya. Pemasaran dengan menggunakan augmented reality salah satunya yaitu memunculkan gambar 3D suatu produk. Media yang digunakan bisa berupa brosur yang diberi marker untuk memunculkan gambaran 3D pada brosur. Dengan begitu pembeli atau pelanggan agar tertarik dan bisa melihat secara detail produk yang dijual perusahaan tersebut


5. Hiburan

Augmented Reality Hiburan Pokemon Go Min
Pokemon GO | Flair.be

Augmented reality sangat banyak dibidang hidburan salah satunya di game. Contohnya permainan bernama Pokemon Go yang super booming. Permainan yang dikeluarkan oleh Niantic dimana kita harus menangkap monster-monster yang tersebar di penjuru kota tengah telah mencuri perhatian dari pengguna smartphone di seluruh dunia. Permainan ini memang tidak seperti permainan smartphone kebanyakan. Jika permainan lain dapat dimainkan sambil duduk atau berbaring, maka Pokemon Go memaksa pemainnya untuk berjalan ke titik-titik tertentu agar dapat menemukan pokemon. Pokemon GO menggunakan teknologi GPS untuk melacak pergerakan pemain serta teknologi augmented reality untuk menampilkan pokemon di layar smartphone saat menggunakan kamera.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Website atau Blog yang Terkena Mirror/Kloning (Copy Paste Data Situs Kamu)

Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

2 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Habibie habibie

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik