Patok Harga Semakin Mahal, Keuntungan Apple Berlipat Ganda Tahun ini

in
Harga IPhone Berapa

Pada kuartal ketiga tahun 2018, Apple berhasil menjual kurang lebih 56,89 Juta Unit iPhone dari beragam model (kebanyakan iPhone X sih). Memang, sedikit meleset dari patokan awal yaitu diangka 47,5 Juta unit. Namun Apple tetap mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari penjualan Smartphone.

Pertanyaannya tentu sama, kok bisa Apple mendapatkan untung yang sangat besar tapi penjualan tidak mencapai target?

Apple membuat harga iPhone menjadi Lebih malah

Ternyata alasan kenapa Apple mendapatkan untung yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya karena harga. Selama tiga bulan berturut Apple meraup pendapatan 62,9 Miliar Dollar AS (Rp 940 Triliun. Angka tersebut kira-kira 20% lebih tinggi dari pendapatan dalam masa yang sama ditahun sebelumnya.

Harga yang sangat mahal menjadi alasan utama kenapa Apple untung besar. karena tidak bisa kita pungkiri bahwa selama ini produk yang ditawarkan oleh perusahaan berlogo buah itu sangatlah mahal. Bayangkan saja, Harga iPhone XS, iPhone SX Max, iPhone XR di Apple Store singapura tercatat meningkat dari 618 Dollar AS (Rp 9,2 Jutaan) di kuartal pertama sekarang menjadi 793 Dollar AS (Rp 11,8) Jutaan di kuartal ketiga tahun 2018 ini.

Apple dan Budaya menjual Branding demi Keuntungan berkali-kali Lipat

Selama ini Apple menjual branding. Dalam beberapa tahun terakhir tidak banyak inovasi yang dipamerkan. Berbeda dengan pesaing lain yang sedang mencari panggung, Apple sudah memantapkan diri dengan branding “mahal” atau “kaya” yang mereka bawa.

Jadi bukannya teknologi atau fitur yang mereka jual, melainkan merek. Memang, tidak ada yang salah dengan model bisnis tersebut. Namun Apple harus berhati-hati, karena vendor lain mulai menampakkan taringnya. Sebut saja Google dengan lini Pixel nya.

0/5 (0 Reviews)

Ayo mulai berdiksusi