Ide Startup Min
in

Panduan Menemukan Ide Startup Dengan Meminimalkan Risiko Kegagalan

Dalam beberapa tahun terakhir, minat generasi milenial akan dunia startup terus meningkat. Apalagi didukung dengan program – program inkubator dan kompetisi startup di tanah air semakin membuat masyarakat antusias menekuni dunia startup. Namun dalam membuat sebuah startup, kita perlu menemukan ide yang mana dapat menyelesaikan masalah masyarakat. Dan menemukan ide startup itu ternyata gampang – gampang susah.

Panduan Menemukan Ide Startup Dengan Meminimalkan Risiko Kegagalan

Kenali Diri Anda dan Buatlah Ide Berdasarkan Passion Anda
passion min - Panduan Menemukan Ide Startup Dengan Meminimalkan Risiko Kegagalan | Dafunda Tekno
Apa Passion Kamu? | mappedskills.com

Kenali diri ada terlebih dahulu sebelum membuat ide startup. Ini sangat berpengaruh besar terhadap peluang kesuksesan anda dalam membangun startup nanti. Pastikan ide startup yang anda buat, kalian juga memiliki ilmunya ataupun setidaknya tertarik untuk belajar mengenai bidang itu.

Adanya passion atau gairah seakan menjadi motivasi lebih anda dalam menghadapi tantangan dalam membuat startup di kemudian hari. Jika anda mecintai suatu pekerjaan, pastilah anda rela berjam – jam untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jarang rasanya anda merasa lelah, mengeluh terhadap pekerjaan yang anda cintai. Pernahkan anda melihat seorang gamer yang mengeluh karena lelah bermain game? Sepertinya mustahil, begitu pula dengan startup.

ARTIKEL TERKAIT
Hadirkan Transportasi Ramah Lingkungan, Solidiance dan Go-Jek Uji Coba Motor Listrik
Fokus Pada Masalah Kemudian Temukan Solusi Terbaiknya
Problem startup min - Panduan Menemukan Ide Startup Dengan Meminimalkan Risiko Kegagalan | Dafunda Tekno
List Semua Solusi Dari Masalah yang Akan Kamu Selesaikan | funderbeam.com

Terkadang beberapa founder startup memulai idenya berdasarkan solusi bukan masalah. Yup, mereka langsung mempunyai angan – angan untuk membuat aplikasi tanpa tahu sebenarnya mereka menyelesaikan masalah apa sih. Mereka langsung terfokus terhadap sebuah produk yang dianggapnya sangat bagus. Tapi, sebagus – bagusnya produk tersebut tanpa tahu bahwa produk tersebut akan menyelesaikan masalah. Rasanya, akan sulit berkembang startup yang menggunakan cara berpikir seperti ini.

Tidak semua solusi memiliki masalah. Jika kita tidak tahu masalah apa yang sebenarnya kita selesaikan, lalu produk yang kita bangun itu sebenarnya untuk apa? Jadi, coba fokus dengan masalah. Tentukan masalah yang sesuai dengan passion anda dan buatlah daftar solusi – solusi dari masalah tersebut. Lalu, pilihlah solusi terbaik untuk dieksekusi.

Tidak Semua Solusi Memiliki Masalah

Coba Tanyakan Kepada Calon Customer Anda (Validasi Ide Startup)
Validasi ide startup min - Panduan Menemukan Ide Startup Dengan Meminimalkan Risiko Kegagalan | Dafunda Tekno
Validasi Ide Startup Kamu | nmbu.no

Setelah menemukan solusi untuk menyelasaikan masalah yang akan selesaikan. Langkah selanjutnya adalah melakukan validasi ide startup kita. Benar gak sih, kalau solusi yang kita tawarkan benar – benar cocok untuk menyelesaikan masalah mereka. Belum tentu solusi yang kita tawarkan akan cocok dengan keadaan di lapangan. Selama belum kita validasi berarti solusi yang kita tawarkan masih berupa asumsi – asumsi tanpa memiliki kekuatan data. Jadi, sangat penting dalam melakukan validasi ide startup untuk memastikan bahwa solusi yang anda tawarkan nantinya memang sesuai dengan keadaan di lapangan.

Asumsi Itu Membunuhmu

channabeck

Editor in Chief di Dafunda Game. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.

Bermain game gak bikin bodoh kok ! Justru ada moral value yang dapat kita pelajari dalam tiap video game.

2 Comments

Leave a Reply

Ayo mulai berdiksusi