Elon Musk Berencana Ingin Menanamkan Komputer di Otak Manusia, Apa Mungkin?

in
Rencana Elon Musk Menghubungkan Otak Manusia Dengan Komputer

Elon Musk yang dikenal sebagai orang miliuner teknologi kini kembali mengeluarkan pernyataannya tentang rencana ingin menghubungkan otak manusia dengan koputer. Proyek yang ia rencanakan ini diberi nama ‘simbioisis dengan kecerdasan buatan’.

Katanya Elon akan menggunakan prototype dari teknologi tersebut pada akhir tahun depan dengan memasangkan implan pada tubuh pasien.

“Untuk tercapai tujuan dari pekerjaan ini tentu membutuhkan waktu yang lama” cetus Elon saat acara persentasi di California Academy of Sciences, San Francisco, Amerika Serikat.

Rencana Elon Musk Membuat Otak Manusia Bisa Terhubung dengan Komputer

Elon sendiri sudah pernah membangun Neuralink Corp di Juli 2016 lalu, guna untuk membuat otak-mesin dengan mengandalkan bandwidth yang tinggi. Sehingga dapat menghubungkan otak manusia dengan komputer. Di samping itu interface yang bakal digunakan guna untuk mengurangi gejala kronis dalam dunia medis.

Elon juga menegaskan dalam isi pidatonya baru-baru ini. Ia mengatakan salah satu tujuan dari Neuralink adalah untuk mengobati gangguan pada otak. ” Kita bisa mengatasinya dengan sebuah chip” cetusnya lebih optimis.

Nah dari rencana Elon ini akan dipandang dua sisi. Satu sisi teknologi ini tentu akan semakin canggih hingga mirip dengan kemampuan manusia. Sedangkan sisi lain, malah kecanggihan ini akan muncul ketakutan di masyarakat.

Ayo mulai berdiksusi