Berita TeknologiStartupTekno

Adakan Flash Sale Ramadhan Extra, Server Tokopedia Justru Down

Situs marketplace belanja online Tokopedia sempat mengalami gangguan. Server Tokopedia sempat  down pada jum’at siang tadi (25/2018) . Banyak user mengeluhkan atas gangguan pada jam – jam tertentu yang membuat mereka kesulitan mengakses Tokopedia. Padahal, pada saat itu Tokopedia sedang mengadakan flash sale yang tentunya dinanti – nanti bagi pelanggan setianya.

Tokopedia Mengadakan Flash Sale Gila – Gilaan Dengan Diskon 99 Persen

Server Tokopedia Down Saat Flash Sale Min
Flash sale Tokopedia | Tokopedia.com

Ternyata, penyebab down-nya server Tokopedia adalah melonjaknya trafik yang masuk ke Tokopedia. Hal itu tak mengherankan karena, saat itu mereka sedang mengadakan flash sale bertajuk #RamadhanExtra. Flash Sale kali ini memang menarik perhatian warganet karena mereka menyediakan promo besar – besaran. Dalam Flash Sale tadi siang, user berkesempatan membeli berbagai macam barang dengan harga 25 ribu saja. Bahkan, mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan barang dengan diskon 99 persen seperti iPhone dengan harga Rp 150 ribu dan Toyota Yaris dengan harga Rp 2 juta saja.

Trafik yang Melonjak Empat Kali Lipat Menjadi Penyebab Server Tokopedia Down

Google Trends Tokopedia Min
Google Trends Tokopedia vs Bukalapak vs Shopee

Meskipun, Tokopedia sudah melakukan perlakuan khusus terhadap jaringannya saat flash sale. Namun, server mereka tetap saja mengalami down. Memang benar – benar luar biasa, trafik yang masuk tadi siang sehingga membuat Tokopedia menjadi aplikasi nomor 1 se-Indonesia mengalahkan Instagram dan Whatsapp.

Berdasarakan data Google Trends, trafik Tokopedia mengalami lonjakan sampai empat kali lipat dan kini memuncaki dalam daftar pencarian di Google.

Related Posts

Leave Comment