Mengenal Perkembangan Augmented Reality, Virtual Reality dan Mixed Reality

Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality


Mixed Reality Min

Perkembangan dunia teknologi digital tumbuh begitu cepat. Mungkin beberapa diantara kalian sudah mengenal apa itu AR dan VR. Namun, kalian sepertinya belum mengetahui apa itu Mixed Reality yang merupakan gabungan antara Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Yuk simak perkembangan ketiga teknologi dalam dunia digital ini

Mengenal Perkembangan Augmented Reality, Virtual Reality dan Mixed Reality


1. Augmented Reality

Sensorama Min
Sensorama “Cikal Bakal Augmented Reality” | Histografy.pl

AR merupakan teknologi yang termasuk sangat tua yaitu pada tahun 1957-1962. AR ditemukan oleh Morton Heilig seorang sinematographer, dengan menciptakan sebuah sensor simulator dengan visual, getaran, dan bau.

Lambat laun seiring berjalannya waktu AR dikembangkan menjadi sangat berguna dalam bidang medis, bisnis komersial. Sampai pada tahun 1997 perkembangan AR untuk memperbaiki pesawat Boeing dengan mengendalikan suatu sistem yang dinamakan Virtual Fixtures oleh LB Rosenberg.

Awal mula game AR itu pada tahun 2000 dikembangkan oleh Bruce.H.Thomas. Ia mengembangkan Augmented Reality Quake, sebuah game AR yang ditunjukkan di International Symposium On Wearable Computer.

ARTIKEL TERKAIT
Ngumpulin Tugas Tanpa Pakai Kertas, Ini Dia 5 Manfaat Google Classroom Sebagai Media E-Learning

Contoh Game yang menggunakan AR yaitu Pokemon Go. Pokemon Go yang sangat membuat geger masyarakat dunia sampai sekarang dan sempat populer di negara kita Indonesia tercinta. Tetapi masih banyak yang belum mengetahui tahun pembuatanya. Pada tahun 1996, waktu itu John Hanke selaku pembuat game Meridian 59 berbasis Masively Multiplayer Online Game (MMO) yang masih mahasiswa dan menjualnya kepada developer game 3DO. Pada tahun 2000 Hanke membuat layanan software berbasis peta dinamakan Keyhole. Pada tahun 2012 Hanke berhasil menemukan game berbasis peta pertama yaitu Ingress.

Sejarah pokemon dimulai pada tahun 1996 bulan Februari dengan platform Game Boy dirilis di negri sakura Jepang. Pada tahun 2015, Hanke mengumpulkan dana sebesar  25 USD. Dana tersebut diperoleh dari Google, Nintendo, Pokemon Company dan Investor lainnya.


2. Vitual Reality

Virtual Reality Min
Telesphere Mask : Kacamata Virtual Reality

Awal terciptanya teknologi VR terjadi pada tahun 1957 oleh Morton Heilig dengan objek yang berupa kipas angin, generator bau, kursi bergetar, dan pastinya layar 3D. Sehingga penonton dapat merasakan sensasi baru untuk menikmati suatu pertunjukan film secara nyata pada saat itu. Kacamata VR baru diciptakan pada tahun 1960 dengan nama Telesphere Mask dan head-mounted display.

Contoh perkembangan VR dalam industrial game yang menggunakan teknologi Virtual Reality harus mengenakan kacamata VR untuk mendapatkan kesan lebih masuk kedalam dunia game tersebut. Sebagai contohnya game Call of Duty yang berbasis First Person Shooter (FPS).

ARTIKEL TERKAIT
Inilah 6 Aplikasi Video player untuk Memaksimalkan VR Di Android

Kekurangan dari teknologi VR adalah pada player atau user menjadi blind atau buta untuk dunianya atau sekitarnya. Karena banyak kasus penggunaan VR yang sering tertabrak tembok karena gamenya berbasis Open World, player diharuskan untuk ikut berjalan, menengokan kepala, dan kasus lainnya.


3. Mixed Reality

Mixed reality
Mixed reality

Perkembangan teknologi dalam penyampaian informasi pada saat ini dapat menggunakan banyak cara. Terutama pada bidang multimedia yang juga ikut berkembang untuk penyampaian suatu informasi. Teknologi multimedia saat ini menjadi salah satu media yang sangat berpengaruh dalam banyak bidang seperti entertainment, periklanan, edukasi dan lain-lain.

Penyampaian informasi dibidang multimedia pun dapat disampaikan dengan lebih interaktif dan efektif. Hal tersebut dapat dicapai karena dengan adanya Virtual Reality(VR), Augemented Reality(AR) dan mixed reality yaitu gabungan antara Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) dapat menjangkau indera manusia.

Mixed reality memungkinkan membawa tampilan grafis dalam dunia virtual ke dalam dunia nyata. Microsoft hololens ini adalah bukti salah satu dari mixed reality. Microsoft hololens adalah sebuah teknologi komputasi visual yang memiliki fungsi mirip seperti kacamata pintar. Untuk membuat aplikasi multimedia seperti VR, AR dan mixed reality dibutuhkan platform. Platform yang digunakan pada kali ini dapat menggunkan pemograman unity.

ARTIKEL TERKAIT
Cuma 15 Detik, Ini 5 Penjualan Smartphone Tercepat Dalam E-Commerce Indonesia

Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Gibran Venom

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik