Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sistem Operasi Kali Linux

Mengenal Sistem Operasi Kali Linux

Kali Linux merupakan salah satu distribusi Linux tingkat lanjut untuk Penetration Testing dan audit keamanan. Kali juga dikembangkan oleh Offensive Security sebagai penerus BackTrack Linux. Kali menyediakan pengguna dengan mudah akses terhadap koleksi yang besar dan komprehensif untuk alat yang berhubungan dengan keamanan, termasuk port scanner untuk password cracker. Kali Linux dikembangkan, didanai dan dikelola oleh Offensive Security, sebuah perusahaan pelatihan keamanan informasi terkemuka.

Kali Linux dirilis pada tanggal 13 Maret 2013 sebagai sebuah back-up yang lengkap, dari atas ke bawah untuk membangun BackTrack Linux, mengikuti sepenuhnya standar pengembangan Debian.

Apa Kelebihan Kali Linux?

Kali Linux secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan para profesional Penetration testing, dan oleh karena itu semua dokumentasi di situs ini mengasumsikan pengetahuan dan keakraban dengan sistem operasi Linux pada umumnya.

Untuk artikel kali ini saya akan memberikan sedikit informasi kepada teman-teman mengenai salah satu distro linux yang cukup populer saat ini yaitu kali linux.

Sistem operasi ini bersifat open source yang berarti gratis dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, Kali telah dikembangkan untuk mematuhi FHS ( Filesystem Hierarchy Standard ), yang memungkinkan semua pengguna Linux dengan mudah mencari file binary, support file, library, dan lain-lain.

Dalam Kali sudah terinstal lebih dari 300 program yang berfungsi untuk pengujian keamanan yang sudah siap pakai,diantaranya seperti Armitage (alat untuk manajemen serangan), Nmap (alat untuk port sanning), wire shark (alat untuk menganalisa paket), aircrack-ng (alat untuk mengetes keamanan wireless LAN), dan masih banyak lagi.

Kali linux dapat terinstal langsung pada komputer sebagai sistem operasi ataupun bisa juga dijalankan melalui virtual machine. Adapun hal-hal yang dibutuhkan untuk menginstal kali linux diantaranya :

  • Dibutuhkan kapasitas hard disk minimal 20GB untuk instalasi.
  • Terpasang minimal 1GB RAM pada komputer.
  • CD-DVD drive yang siap pakai atau stik USB sebagai alat bantu untuk instalasi.

Kali linux merupakan sistem operasi yang sangat berguna apabila teman-teman ingin mencoba dan belajar tentang digital forensics dan tes keamanan sistem pada komputer (penetration testing). Dan buat para pecinta jaringan dan hacking tentu udah nggak asing lagi dengan BackTrack kan, yaitu sebuah distro Linux yang dibuat khusus untuk tujuan penetration dan testing keamanan sebuah sistem jaringan. BackTrack merupakan sebuah tools yang sangat powerful untuk itu. Banyak sekali senjata-senjata hacking yang sudah siap pakai di BackTrack. Rilis terakhir dari BackTrack adalah BackTrack 5 R3 yang rilis Agustus 2012 lalu.

FITUR-FITUR KALI LINUX

Lebih dari 300 tools penetration testing

Setelah melakukan review setiap tools yang terdapat pada BackTrack, kami menghilangkan tools dalam jumlah besar baik yang tidak bekerja atau memiliki tools yang tersedia yang menyediakan fungsi serupa.

Gratis dan akan selalu gratis

Kali Linux, seperti pendahulunya , benar – benar gratis dan akan selalu gratis. Anda tidak pernah akan diminta membayar untuk Kali Linux.

Open source Git tree

Kami sangat mendukung perangkat lunak open source dan development tree tersedia untuk semua orang yang ingin melihatnya, dan semua source tersedia bagi mereka yang ingin mengubah dan membangun ulang seluruh paket.

Mengikuti FHS compliant

Kali telah dikembangkan untuk mematuhi FHS ( Filesystem Hierarchy Standard ), yang memungkinkan semua pengguna Linux dengan mudah mencari file binary, support file, library, dan lain-lain.

Dukungan perangkat wireless yang luas

Kami telah membangun Kali Linux untuk mendukung perangkat wireless sebanyak mungkin yang kami bisa, yang memungkinkan berjalan dengan baik pada berbagai perangkat keras dan kompatibel dengan berbagai USB dan perangkat wireless lainnya.

Modifikasi kernel yang sudah di patch untukinjection

Sebagai penetration tester, team kami seringkali perlu melakukan wireless assessmentssehingga kernel kami memiliki patch injection terbaru.

Lingkungan pengembangan yang aman

Kali Linux team terdiri dari sekelompok orang terpercaya yang hanya dapat commit paket dan berinteraksi dengan repositori saat menggunakan beberapa protokol yang aman.

GPG menandai beberapa paket dan repo

Semua paket Kali ditandai oleh masing-masing individu pengembang ketika paket-paket tersebut dibuat dan di commit, kemudian repositori menandai paket.

Banyak bahasa

Meskipun tools penetration testingcenderung ditulis dalam bahasa Inggris, kami telah memastikan bahwa Kali Linux memiliki dukungan beberapa bahasa, memungkinkan lebih banyak pengguna untuk mengoperasikannya dalam bahasa mereka dan menemukan tools yang mereka butuhkan untuk pekerjaan tersebut.

Dapat dirubah sepenuhnya

Kami benar-benar memahami bahwa tidak semua orang akan setuju dengan keputusan desain kami sehingga kami telah membuatnya semudah mungkin bagi pengguna berpengalaman untuk merubah Kali Linux sesuai keinginan mereka.

Mendukung ARMEL dan ARMHF

Sejak sistem berbasis ARM menjadi lebih umum dan murah, kami mengetahui bahwa dukungan ARM Kali Linux akan sekuat seperti yang dapat kami kelola, sehingga installasi dapat bekerja untuk kedua sistem ARMEL & ARMHF. Kali Linux mempunyai repositori ARM terintegrasi dengan jalur distribusi utama sehingga toolsuntuk ARM akan diupdate dalam hubungannya dengan sisa dari distribusi.

Kali Linux saat ini tersedia untuk beberapa device berikut ini :

  • rk3306 mk/ss808
  • Raspberry Pi
  • ODROID U2/X2
  • Samsung Chromebook
  • EfikaMX
  • Beaglebone Black
  • CuBox
  • Galaxy Note 10.1

Ayo mulai berdiksusi