Mengenal Apa Itu Chrome OS Serta Kelebihan & Kekurangannya

Chrome OS Thumbnail Min

Chrome OS merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang oleh perusahaan Google Inc.yang di rilis pada tanggal 2010 untuk versi stabilnya. Berkerja secara eklusif dengan mengandalkan aplikasi web dari OS tersebut.

Jika kamu adalah pengguna Chrome browser, pasti kamu tidak akan asing dengan Chrome OS ini. Tampilan dan Fitur yang ada pada sistem operasi ini identik dengan Chrome browser yang sering dipakai oleh kebanyakan orang .

Chrome OS Min
Begini Tampilannya | Chrome Unboxed

Sistem operasi ini dapat dijalankan hanya di hadware yang di rancang khusus oleh perusahaan google dan dapat di gunakan di Chrome book yang di luncurkan oleh beberapa brand Netbok terkenal seperti DELL, ASUS, ACER dan masih banyak lagi.

Netbook ini menggunakan sistem operasi ini sebagai sistem operasi default pada Netbook edisi khusus mereka

Saat kamu pertama kali menghidupkan sistem operasi milik Google ini, kamu diminta untuk login ke akun Google kamu.

Setelah  login, kamu akan disambut dengan tampilan desktop yang bersih dan simple.Chrome OS sudah terintegrasi dengan semua layanan Google seperti, Google Drive, Google Docs, Gmail, Google Plus, dan lain-lain.

Jika kamu ingin menambahkan aplikasi, kamu cukup menambahkannya melalui Chrome Web Store.

Beginilah Kelebihan Dari OS Chrome


1.Hanya Butuh Hitungan Detik Untuk Booting


Hanya butuh hitungan detik bagi OS ini untuk booting atau shutdown. Hal tersebut memang tidak terlalu mengesankan karena Chrome OS ini sangat simple sehingga Sistem Operasi ini dapat berjalan lancar tanpa lag.

Booting pada OS ini sangat cepat pada OS sama seperti kita menghidupkan televisi. Karena Chrome OS ini tidak memiliki jeda waktu booting yang lama dan juga aplikasi local yang di miliki bisa membatasi ruang gerak hardware nya. 


2. Kemanan Chrome Browser & OS Chrome Akan Selalu Terupdate Secara Otomatis


Masalah keamanan ini digabungkan  dengan chrome browser. Dengan demikian maka selayaknya browser, OS ini akan langsung mengupdate sistem keamanannya secara online dengan otomatis.


3. Didukung Oleh Arsitektur X86


Chrome OS ini didukung oleh arsitektur x86 dan arm, google berjanji untuk selalu mengupdate fitur- fitur yang ada pada sistem operasi ini dan menggunakan code-code populel bagi Netbook lainnya.


4. Kemudahan Dalam Mencari Menu Aplikasi


Menu aplikasi web yang baru kini dapat ditemui secara permanen pada menu aplikasi . Hal ini akan membantu pengguna untuk mencari sebuah aplikasi baru langsung secara online. Selain memudahkan pengguna menu aplikasi ini juga menguntungkan pihak pengembang.

Beginilah Kekurangan Dari Chrome OS


Kekurangan pada Chrome OS privasi dari Google yang menyimpan 2% Interpretation pencarian pengguna,lengkap dengan alamat IP yang di gunakan oleh pengakses.

Keamanan yang sudah di rancang oleh pengembang juga memiliki kekurangan yaitu adanya bugs pada browser chrome. Sehingga ketika kita membuka suatu halaman web browser menjadi crash.

0/5 (0 Reviews)

Ayo mulai berdiksusi