Lecia
in

Mengapa Kamera Ini Dapat Terjual Hingga Rp 39 Milliar?

Dafunda Tekno – Melalui sebuah acara lelang, kamera antik yang berusia 95 tahun itu telah terjual dengan harga yang luar biasa. Kamera tersebut diperkirakan rilis pertama kali pada 1923.

Lelang yang diselenggarakan di Wina, Austria, telah berhasil menjual kamera seri Leica 0 dengan harga EUR 2,4 juta (USD 2,9 juta) atau Rp  39 milliar.

Lelang itu diselenggarakan oleh Westlicht itu mengaku bahwa harga penawaran awal hanya sekitar EUR 400 ribu (USD 429 ribu). Namun, harga kamera tersebut terus naik dengan enam kali penawaran dan terjual dengan harga EUR 2,4 juta.

Menurut Westlicht, itu adalah harga kamera yang tertinggi untuk seri Leica dan memecahkan harga seri 0 lainnya pada tahun 2012 seharga USD 2,79 juta.

Seri Leica 0 yang pernah terjual dalam lelang sebelumnya adalah seharga USD 435 ribu pada 2007, USD 1,89 juta pada 2011, serta pada 2012 senilai USD 2,79 juta.

Siapa sangka dibalik harga yang fantastis itu, seri Lecia 0 ternyata hanya diproduksi sebanyak 25 unti dan hanya 12 unit yang diketahui saat ini. Dari 12unit itu hanya ada tiga unit yang masih utuh seperti aslinya.

ARTIKEL TERKAIT
FujiFilm Akan Rilis Prime XF 33 mm Sebagai Lensa Dengan Bukaan Terlebar

“Itu merupakan harga tertinggi yang pernah terjual di sebuah lelang kamera,” ungkap pihak Westlicht, dikutip dari Petapixel, Selasa (13/3/2018).

Menurut keterangan Westlicht, Leica seri 0 itu kini dimiliki oleh seseorang yang berasal dari Asia. Sayangnya mereka tak menyebutkan identitas si pemilik.

Kautsar Juhari

Founder Dafunda Community. Menghabiskan waktu luang dengan bermain Game Pro Evolution Soccer. Film terbaik menurut saya Forrest Gump, dan Anime kesukaan Gintama.

Ayo mulai berdiksusi