Jangan Mulai Berbisnis, Sebelum Tahu 4 Langkah Dalam Menentukan Target Pasar Ini

Target PASAR Min (1)

Dalam persaingan bisnis yang begitu ketat, diperlukan sebuah penentuan target pasar dalam suatu bisnis. Tanpa mengetahui target pasar yang disasar besar kemungkinan, bisnis tersebut tidak akan berjalan secara susitanable.

Nah, kali ini Dafunda Tekno akan membahas bagaiamana langkah dalam menentukan target pasar.

4 Langkah Dalam Menentukan Target Pasar


1.Kenali Calon Pelanggan Bisnis Anda

Kenali Min
Kenali Dulu Calon Customermu

Tak kenal, maka tak sayang! Mungkin pepatah itu juga berlaku dalam bisnis. Jika, kalian tak mengenali calon pelanggan anda, maka mustahil kalian bisa membuat produk yang akan disukai oleh calon pelanggan.

Yup, tak semua produk bisa disasarkan kepada semua jenis pembeli yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Contoh saja, kalian ingin berbisnis hijab. Namun, kalian menjualnya kepada kaum pria. Ya, penjualannya nanti tidak akan maksimal.


2. Observasi Kebutuhan Pelanggan

Kenali Customer Min
Observasi Dulu Kebutuhan Pelanggan

Setelah mengenali siapa pelanggan anda, cobalah lakukan observasi terhadap kebutuhan pelanggan.Dengan melakukan observasi kepada calon pelangganmu, kamu akan mengetahui produk apa yang akan kamu luncurkan ke pasaran.

Kemungkinan besar, produkmu akan laris manis jika dibuat berdasarkan kebutuhan pelanggan.


3. Pantau Kompetitor Anda!

Kompetitor Min
Kompetitor Jangan Lupa Dipantau

Nah, lihat dulu nih. Apakah bisnis yang anda jalankan sudah terdapat kompetitor atau belum. Jika sudah, coba pantau seperti target pasar yang disasar oleh kompetitor. Kemudian, pantau bagaimana cara mereka menentukan strategi untuk menarik target pasar yang mereka inginkan.

Nah, jika kalian sudah mempelajari target pasar kompetitor. Coba analisis dan buat target pasar yang lebih spesifik dari kompetitor kamu. Dengan cara itu, kamu akan terhindar dari persaingan ketat dari kompetitor saat ini.


4. Uji Coba Target Pasar 

Evaluasi Bisnis Min (1)
Uji Coba & Evaluasi | Startuploans.co.uk

Nah, setelah menentukan target pasar. Coba kita lakukan uji coba terlebih dahulu. Coba tawarkan produk yang anda buat kepada target pasar yang anda bidik.

Jangan berasumsi kalau produk anda akan benar-benar sesuai dengan keinginan target pasar. Cobalah, uji coba dengan membuat beberapa sampel produk. Lalu, evaluasi apakah produk yang anda buat sudah sesuai dengan keinginan target pasar.

0/5 (0 Reviews)

Ayo mulai berdiksusi