Ngumpulin Tugas Tanpa Pakai Kertas, Ini Dia 5 Manfaat Google Classroom Sebagai Media E-Learning

Google Classroom sebagai media pembelajaran yang efektif


Gc1

Google Classroom adalah serangkaian alat produktivitas gratis dari Google meliputi Gmail, Drive, dan Docs yang tersedia untuk pengguna Google Apps for Education. Google Classroom dirancang untuk membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas. Termasuk fitur untuk menghemat waktu Guru seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa. Classroom juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa agar semuanya tetap teratur.

5 Keunggulan Google Classroom Sebagai Media E-Learning


1. Proses Setting yang Cepat Dan Nyaman

 

Google Class Room Min
Membagikan tugas dan bahan ajar dengan menambahkan daftar siswa atau berbagi kode unik |

Proses set up pada Google Classroom sangat cepat dan nyaman jika dibandingkan harus menginstall LMS lokal atau mendaftarkan ke provider LMS. Guru tinggal mengakses aplikasi Google Classroom serta bisa memulai membagikan tugas-tugas dan bahan ajar. Guru dapat melakukan ini dengan menambahkan daftar siswa atau berbagi kode unik yang memungkinkan akses ke kelas pada Google Classroom. Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga ideal bagi guru meskipun dengan tingkat pengalaman e-Learning yang beragam.

ARTIKEL TERKAIT
AMD StoreMI: Software Terbaru AMD Padukan 2 Storage Berbeda Dalam 1 Wadah

2. Hemat waktu

Google Class Room Peringkat
Guru dapat membuat peringkat dan umpan balik kepada siswa | chrome.google.com

Peserta didik tidak lagi harus men-download tugas yang diberikan guru. Guru pun tinggal membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online. Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom.

Dengan demikian, ada potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi keduanya. Baik peserta didik maupun gurunya. Semuanya dilakukan secara paperless (tanpa kertas). Sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk mendistribusikan dokumen fisik dan peserta didik dapat menyelesaikan tugas mereka dengan tepat secara online. Sehingga lebih mudah bagi mereka untuk memenuhi deadline waktu yang diberikan dan belajar secara online dapat disesuaikan dengan jadwal sehari-hari mereka.


3. Meningkatkan Kerjasama Dan Komunikasi

Google Class Room 5 Min
Komunikasi 2 arah | edu.google.com

Salah satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah sangat dimungkinkan untuk melakukan kolaborasi online yang efisien. Guru dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik mereka untuk memulai diskusi online atau memberitahu mereka tentang kegiatan pembelajaran online tertentu.

ARTIKEL TERKAIT
Lenovo ThinkPad X1 Yoga 2018 Pilihan Terbaik Untuk Para Pebisnis

Di sisi lain, peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google Classroom. Dengan demikian, jika mereka membutuhkan bantuan karena kesulitas memahami suatu tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu. Mereka bisa mendapatkan masukan langsung dari teman sekelas virtual mereka.

Pada dasarnya, Google Classroom meningkatkan aspek pembelajaran sosial pendidikan online yang memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan keuntungan dari pengalaman dan keterampilan rekan-rekan mereka.


4. Penyimpanan Data Terpusat

Google Classroom 4 Min
Tak perlu khwatir dokumen hilang, semuanya aman dengan data terpusat | garyhall.org.uk

Dengan Google Classroom, semuanya berada dalam satu lokasi terpusat. Peserta didik dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu. Guru dapat menyimpan bahan e-Learning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat atau nilai dapat dilihat dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir tentang dokumen hilang atau penilaian hilang, karena itu semua tersimpan dalam LMS yang gratis ini.


5. Berbagi Sumber Daya yang Cepat

Google Class Room 3 Min
Berbagi sumberdaya dengan cepat | Thedroidguy.com

Fasilitator online atau guru dan pelatih memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber daya online dengan peserta didik mereka langsung. Daripada harus memperbarui kursus e-Learning atau mengirim e-mail individu untuk setiap siswa. Mereka cukup mengakses aplikasi Google Classroom dan mendistribusikan link ke sumber daya online dan materi e-Learning tambahan yang dapat menguntungkan peserta didik mereka.

ARTIKEL TERKAIT
Bagaimana Cara Masyarakat Korea Utara Menggunakan Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari?

Ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh update tepat waktu yang berhubungan dengan pelajaran saat ini. Sehingga mereka dapat lebih memahami materi dan akses peralatan multimedia yang dapat meningkatkan pengalaman e-Learning mereka.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
donasundari

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik