Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler Dibanding dengan AC

in ,
Kelebihan Dan Kekurangan Air Cooler

Bagi kamu yang tidak suka menggunakan AC di seluruh ruangan dengan alasan untuk menghemat tagihan listrik, mungkin menggunakan air cooler adalah pilihan terbaik. Tentu masalah harga air cooler dibandingkan dengan AC cukup jauh hemat. Dafunda Tekno kali ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan air cooler dibanding AC.

Apa itu Air Cooler?

Air Cooler adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan sebagai pengganti alternatif AC. Namun air cooler dan air conditioner tentu memiliki perbedaan walaupun sama-sama menghasilkan udara yang sejuk dan sekaligus melembabkan udara disekitar. air cooler menggunakan air untuk memberikan udara yang sejuk dan melembabkan.

Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler

Cara Memilih Air Cooler

Disamping itu air cooler juga berbeda dengan kipas angin yang hanya menghasilkan angin saja, sedangkan udara yang dihasilkan dari air cooler lebih terasa sejuk dan dingin. Karena pada bagian belakang air cooler terdapat boks yang terisi air dingin, sehingga hasil udaranya sejuk dan dingin disaat dinyalakan.

Nah sebelum membeli air coole, sebaiknya kamu harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari air cooler dibanding dengan membeli AC.

Perawatan praktis dan mudah

Kelebihan Air Cooler

Jika dibandingkan dengan AC tentu membersihkannya harus menggunakan jasa servis dalam jangka waktu 2 bulan. Berbeda dengan air cooler bisa kamu bersihkan sendiri. Selain itu kamu hanya perlu membersihkan dari debu yang menempel dan mengganti air di dalam boks. Jadi hal tersebut membuat air cooler tidak boros biaya perawatan.


Mudah dibawa kemana saja

Tips Memilih Air Cooler

Selain memiliki ukuran yang relatif kecil, air cooler pada umumnya sudah mengenakan roda di bagian bawah. Sehingga kamu mudah membawa dan memindahkan ke ruangan lain sesuai dengan kebutuhan. Udara yang dihasilkan air cooler tidak sama seperti AC yang mengandalkan kompresor.


Hemat Biaya Listrik

Kekurangan Air Cooler

Karena air cooler tidak menggunakan kompresor, maka tentu tidak membutuhkan energi listrik sebesar di AC. Sekalipun kamu menggunakan seharian, air cooler hanya menggunakan sekitar 10-15% dari energi listrik yang dipakai AC. Selain hemat penggunaan listrik, air cooler juga lebih murah dibandingkan dengan AC.


Udara lebih lembab

Air Cooler Terbaik

Ini salah satu kekurangan dari air cooler dibandingkan dengan AC. Karena air cooler menggunakan air untuk memberikan udara yang sejuk, maka udara lebih cenderung lembab. Jadi sebaiknya tidak digunakan pada ruangan yang tertutup. Karena akan beresiko timbulnya bakteri dan jamur di dalam ruangan.


Kurang sejuk dari AC

Jika AC sudah pasti memberikan kesejukan di dalam satu ruangan, berbeda dengan air cooler hanya bisa menyejukkan ruangan pada jarak tertentu. Sehingga suhu yang diperoleh tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Disamping itu air cooler tidak tersedia penyaring udara, bedanya dengan AC sudah disediakan penyaring udara sehingga tidak menghasilkan udara yang kotor bahkan bisa mencegah kuman dan bakteri masuk dalam ruangan.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan air cooler yang bisa kamu pertimbangkan lagi sebelum membelinya. Semoga artikel ini membantu kamu yang sedang bimbang memutuskan membeli air cooler.

5/5 (5 Reviews)

Ayo mulai berdiksusi