Mengenal Apa Itu Internet of Things (IoT)?

IoT Min

Internet of Things atau yang biasa dikenal dengan IoT memang sedang menggebrak dunia inovasi akhir-akhir ini. IoT disebut bisa membantu pekerjaan manusia dengan sangat efektif dan efisien. Hanya, dengan memanfaatkan teknologi Internet kehidupan manusia akan semakin mudah dengan adanya IoT. Tapi, sebenarnya apa itu iOT ya?

Apa itu Internet of Things (IoT) Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Internet of Things (IoT)

Internet of Thing (IoT) merupakan sistem yang mampu menghubungkan objek ke Internet melalui transfer data secara otomatis tanpa perlu ada interaksi manusia yang besar didalamnya.

Bagaimana Cara Kerja IoT?

Konsep cara kerja IoT ini terbilang cukup simpel. Bahkan, kamu mungkin pernah mengenalnya sebelumnya.

Contoh Kasus:
Pernahkan kalian lupa mengunci pintu rumah? Nah, bisa saja hal itu mengancam kemanan rumah anda. Nah, pastinya kamu mau tidak mau harus pulang untuk mengunci rumah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, hal ini akan menyita waktu, pikiran dan uang kamu. IoT bisa membantu perkejaan manusia tersebut dengan mudah. IoT akan membantu anda menguncu pintu rumah hanya dengan menekan satu tombol di smartphone anda.

Begini Cara Kerjanya:
1.Smartphone memberikan perintah kepada perangkat IoT
2. Perangkat IoT menerima perintah dari smartphone
3. Perangkat IoT meneruskan perintah kepada modul selonoid doorlock/servo.
4. Kunci bergerak
5. Pintu terkunci.

Jadi, seperti itu cara kerja IoT mudah bukan? Dan ini adalah penjelasan iOT lebih lengkap dan detailnya.

Cara Kerja Intermet Of Things

Apa saja unsur pembentuk IoT?

IoT sendiri memiliki beberapa unsur pembentuk agar sistem kerjanya berjalan. Setidaknya ada 3 unsur yang harus dilengkapi untuk membuat IoT.

1. Konektivitas / Jaringan
Konektivitas atau jaringan merupakan komponen penting dalam IoT. Jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat IoT dengan smartphone. Kebanyakan untuk melakukan transfer data.

2. Kecerdasan Buatan / Artificial Intellegence (AI)
Penggunaan kecerdasan buatan merupakan hal pokok yang ada pada IoT. Konsep seperti kunci pintu otomatis seperti diatas merupakan hasil dari kecerdasan buatan.

Kamu bisa membuatnya dengan membuat algoritma permograman nantinya.

3.Sensor
Sensor menjadi otak perangkat IoT untuk berkerja. Adanya sensor, perangkat IoT mampu menerima perintah dari luar untuk dikonversikan menjadi sebuah kegiatan yang membantu pekerjaan manusia dengan bantuan Kecerdasan Buatan.


Unsur Iot Min

Ayo mulai berdiksusi