Tutor Java #1: Cara Instalasi & Setting Java Development Kit

Java Min

Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam pembuatan platform website maupun mobile.

Nah, maka dari itu. Dafunda Tekno akan membahas tutorial pemrogaman java dari nol hingga kamu menjadi seorang yang expert dalam pemrogaman Java. Mau kan? Yuk mulai belajar, kamu pasti bisa.

Langkah yang pertama, santai. Kamu belum berpusing-pusing ria kok. Soalnya, pada artikel yang pertama ini Dafunda Tekno akan membahas tutorial instalasi Java Development Kit di Laptop kalian semua.

Ya, kalau menurut pepatah sedia payung sebelum hujan. Maka dari itu, kalian harus sedia alat-alat sebelum bertempur. Nah, apa aja sih yang diperlukan dalam belajar pemrogaman Java.

Oke, Apa yang Kita Perlukan Untuk Belajar Pemrogaman Java?


a. Text Editor

Nah, dalam penulisan coding kalian perlu tempat untuk menulis kode atau yang biasa disebut dengan text editor. Nah, text editor sendiri banyak sekali beredar di internet. Tinggal pilih sesuai dengan selera aja. 

Nah, Dafunda Tekno juga pernah menulis rekomendasi text editor terbaik yang mungkin bisa dipakai sebagai acuan, “5 Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Progammer”

b.  JDK (Java Development Kit)


Nah, setelah menginstall Text Editor. Kalian perlu menginstall JDK yang berfungsi sebagai compiler dari Java Code ke Byte Code.

Cara Instalasi Java Development Kit


1. Download JDK pada web resmi oracle


Kunjungi web resmi oracle (Pengembang Java) disini. Nah, kemudian scroll kebawah dan cari  Java SE Development Kit 8u192.

Java 1 Min
Pilih JDK yang sesuai | Oracle

2. Install Java Development Kit (JDK)


Setelah mendownload JDK (Java Develompent Kit) buka program installer dan lakukan proses intalasi seperti ini:

JDK 1 Min

Klik Next, kemudian tunggulah proses instalasi sampai selesai.

JDK 2 Min
JDK 3 Min

Setelah proses instalasi selesai, kemudian klik tombol close untuk mengakhiri proses instalasi.

JDK 4 Min

3. Cek JDK (Java Development Kit) Dengan Cmd (Command Line)


Java Cmd Min

Ketikan “java – version” pada cmd. Jika java sukes terinstall pada komputer anda maka akan muncul seperti gambar diatas.


4. Setting JDK di Windows


a. Pertama buka control panel -> System and Security -> System -> Advaced System Setting

Windows Java

b. Klik Environtment Variable

WIndows Java 2

c. Pada System Variables, cari dan pilih New

Windows Java

d. Tuliskan Variable Name dan Variable Value

Windows Java

Tuliskan Variable name dengan “Java_Home” dan Variable value sesuai dengan direktori instalasi java di komputermu dengan mencarinya dengan mengklik browse file. Nah, instalasi java biasanya akan mengikuti urutan seperti ini  C:\Program Files\Java\jdk-9.0.4\bin

Windows Java

5. Cek Keberhasilan Setting Path Environtment


Untuk mengecek keberhasilan setting path environtment. Kalian cukup membukan cmd (command line) kemudian tulsikan “javac”. Jika berhasil akan muncul seperti ini:

Image

Ayo mulai berdiksusi