Inilah Penyebab FlashDisk Tidak Terbaca di Komputer dan Cara Mengatasinya


Cara Perbaiki Flash Disk

Sangat menjengkelkan apabila kamu sedang butuh Flash Disk, tetapi Flash Disk tersebut bermasalah. Mulai dari Flash Disk tidak terbaca di komputer/laptop manapun, atau Flash Disk tidak bisa format, dan ini sangat mengganggu aktivitas kamu bukan? Nah Dafunda Tekno Kali ini akan memberikan beberapa penyebab Flash Disk tidak terbaca atau tidak terdeteksi di komputer dan laptop.

Jika kamu pernah mengalami dengan beberapa hal di atas, mungkin kamu harus tahu beberapa penyebab Flash Disk tidak terdeteksi dan cara cepat mengatasi flashdisk tidak terbaca berikut ini.

Penyebab Flash Disk Tidak Terdeteksi atau Terbaca di Komputer dan Laptop

Beda masalah di FlashDisk tentu beda pula cara untuk menanganinya. Masalah yang terjadi bisa jadi dari FlashDisk kamu sendiri atau bisa jadi dari komputer kamu. Untuk mengetahui masalah tersebut coba masukkan FlashDisk ke port USB komputer lain. Atau kamu bisa memasukkan FlashDisk lain ke komputer kamu, sehingga hasilnya akan terlihat. Jika FlashDisk kamu terbaca di komputer lain, bisa jadi komputer kamu bermasalah pada driver USB nya. Untuk mengetahui driver kamu bisa membaca (Cara Mengetahui/Cek Driver Yang Belum Terinstal Di Windows 7, 8.1 Dan 10).

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membuat Flash Drive Bootbable Windows, Linux Dan Lainnya Secara Gratis

Sebaliknya jika Flash Disk kamu tidak terbaca di komputer lain, bisa jadi Flash Disk kamu yang rusak. Dafunda Tekno kali ini akan memberi tahu penyebab umum Flash Disk tidak terbaca dan cara cepat untuk mengatasi Flash Disk rusak.

Konektor Flash Disk Kotor

Jika menaruh Flash Disk, laptop di tempat banyak debu, tentu lama kelamaan bisa saja lubang atau port USB kamu akan kotor karena debu menempel. Coba cek dan bersihkan. Atau bisa saja kepala konektor atau kepala Flash Disk kamu yang kotor, coba dicek juga dan dibersihkan.

Driver Komputer atau Laptop Bermasalah

Jika Flash Disk tidak kebaca setelah disambungkan ke komputer bisa jadi driver USB kamu bermasalah. Coba cek driver USB kamu dengan cara berikut ini.

  • Langkah awal coba byka Device Manager di komputer, dengan cara ketik “device manager” pada kolom search kemudian buka programnya.

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak (1)

  • Pada bagian Disk Management, lihat apakah Flash Disk kamu terdetekti atau tidak. Kalau terlihat berarti aman.
ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Reset Password di Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak (4)

  • Klik kanan kemudian pilih “Change Drive Letter and Paths”.

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

  • Klik OK.

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak (6)

Seharunya Flash Disk kamu sudah terlihat di Windows Explorer. Namun ada kasus dimana Flash Disk tidak terbaca di Computer Management seperti pada gambar dibawah ini. Jadi perangkat USB nya tidak terbaca, namun media penyimpanannya tidak tersedia lagi.

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak (7)

Kalau hal ini terjadi pada kamu, kemungkinan besar flash memory sudah rusak. Atau komponen komputer lagi dalam Flash Disk ada gangguan. Di mana Flash Disk terkoneksi dengan komputer namun media penyimpanan nya rusak. Nah jika di posisi ini mungkin kamu harus membeli Flash Disk baru deh. Hehehe 😀

 

Itulah beberapa masalah pada Flash Disk yang tidak terbaca. Kamu dapat mencoba langkah di atas untuk memastikan flash disk kamu benar tidak rusak. Bisa saja disebabkan oleh kelalaian saat pemakaian dan disebabkan oleh virus. Jika kamu punya cara lain, jangan lupa bagikan di kolom komentar ya!


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik