in , ,

Inilah Fungsi Nomor IMEI di Smartphone dan Cara Melihatnya

Setiap smartphone Android atau lain baik murah dan mahal, semuanya sudah tentu memiliki nomor IMEI yang berbeda satu sama lain. IMEI itu sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Indentity.  Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara cek nomor IMEI di Android? Nah jika belum tahu, langsung saja simak lebih lanjut artikel ini.

Nomor IMEI dasarnya terdiri dari 15 hingga 16 digit. Operator seluler memanfaatkan untuk dapat mengidentifikasi perangkat yang terdaftar dalam jaringan mereka.

Cara Cek Nomor IMEI di Android

Untuk mengetahui nomor IMEI pada sebuah ponsel itu cukuplah mudah. Pada smartphone Android untuk mengetahui IME langsung masuk ke menu Settings – About Phone – Status. Atau menggunakan cara lain dengan mengetikkan kode *#06#.

Selain cara diatas, nomor IMEI biasanya sudah terdapat di bodi perangkat balik baterai smartphone.  Produsen tidak lupa biasanya untuk mencamtumkan stiker nomor IMEI pada kota kemasan smartphone.

Cara Lihat nomor IMEI di iPhone

Sama halnya dengan Android, untuk mengetahui nomor IMEI di iPhone cukup dengan mengetikkan *#06#. Atau dengan melihat pada bodi dibagian belakang dan stiker kemasan.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Aktifkan Touchpad Virtual di Windows 10

Apa Fungsi dari Nomor IMEI?

Banyak pengguna ponsel tidak menganggap penting nomor IMEI, apalagi untuk mencatat dan menyimpannya. Padahal mengetahui nomor IMEI pada ponsel sangatlah penting, dimana kamu akan memerlukannya disaat smartphone atau ponsel terjatuh, dan dicuri.

Jika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, dengan IMEI kamu bisa langsung ke gerai operator seluler untuk memberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang digunakan. Dengan begitu ponsel akan dilacak atau nomor ponsel diblok dan perangkat juga bisa dikunci untuk sementara.

Selain itu, jika kamu ingin melacak smartphone Android yang hilang, kamu bisa mengandalkan Google dengan catatan, smartphone kamu pernah terhubung dengan internet atau GPS, dan smartphone dalam keadaan aktif.

 

Itulah cara cek nomor IMEI di Android dan iPhone serta apa fungsi dari nomor IMEI pada smartphone. Untuk jaga-jaga dengan hal yang tidak diinginkan, mulailah untuk menyimpan nomor IMEI kamu dengan menyatatnya. Jika suatu saat kamu memerlukannya, tentu sudah tahu kemana mengambilnya.

ARTIKEL TERKAIT
Wow! Hanya Dengan Sekali Klik, Kamu Bisa Menghapus Jejak di Internet

 

 

Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...

Ayo mulai berdiksusi