in , , ,

Pria Ini Dihukum Rp 52 Juta Hanya Karena Sebarkan Password Wi-fi yang Ia Retas

Wi Fi Min (1)

Wi-fi memang terkadang dipassword oleh pemiliknya agar tidak diekploitasi oleh orang lain yang tidak berhak menggunakannya. Namun, bagaimana jika Wi-fi tersebut bisa diretas? Ternyata di Singapura ada seorang pria yang berhasil meretasnya. Namun, dia justru didenda sekitar Rp 52 Jutaan. Kok bisa? 

Bukannya Dilaporkan Ke Pihak Hotel, Password Wi-fi Malah Disebar Diblognya

Zheng Duto, seorang peneliti sekaligus karyawan IT dari perusahaan China, Tencent berhasil meretas jaringan Wi-fi di Fragance Hotel, Singapura. Kala itu, Zheng Duto menghadiri acara “Hatch The Box” yang diselenggarakan disana. Ia pun berhasil meretas Wi-fi milik Fragance Hotel yang menggunakan perangkat Antlabs IG3100.

Entah apa yang ada dalam pikirannya. Ia pun langsung mencoba meretas jaringan Wi-fi tersebut. Ia menemukan perangkat yang menggunakan password default dari Telnet. Nah, dari celah tersebut nampaknya ia berhasil melakukan berbagai macam metode hacking untuk menemukan password dari database MySQL.

Wireless fidelity ini sebenarnya hanya diperuntukkan oleh pegawai dan pengunjung yang diberikan akses oleh pihak hotel. Namun, Zheng Duto yang berhasil meretas jaringan Wireless fidelity ini justru tidak melaporkan hal ini ke pihak hotel. Melainkan ia membeberkan password Wireless fidelity tersebut di Internet melalui blognya. Andai saja ia lebih memilih melaporkan ke pihak hotel, bisa saja ia mendapatkan bayaran atas jasanya menemukan celah.

ARTIKEL TERKAIT
Demi Pengakuan, Hacker Satu ini Meretas Domain Miliknya Sendiri

Hampir saja Zheng Duto Dihukum 10 Tahun Penjara

Sayangnya, Cyber Security Agency of Singapore (CSA) berhasil melakukan pelacakan melalui blog Zheng Duto. Hasilnya, Zheng dituntut denda sebesar 5000 Dollar Singapore atau sekitar Rp 52 juta. Hukuman ini harusnya bisa ditambah hukuman 10 tahun penjara. Untungnya, Zheng menjelaskan bahwa dirinya bukan bermaksud untuk melakukan aksi kriminal hanya sebatas keisengan dan hobby saja. Ngeri juga ya..

channabeck

Editor in Chief di Dafunda Game. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.

Bermain game gak bikin bodoh kok ! Justru ada moral value yang dapat kita pelajari dalam tiap video game.

Ayo mulai berdiksusi