in , , , ,

FujiFilm Akan Rilis Prime XF 33 mm Sebagai Lensa Dengan Bukaan Terlebar

Lensa Mirrorless

Fujifilm semakin berambisi untuk menghadirkan kamera Mirrorless terbaik. Mereka mengumumkan roadmap berisi lensa yang bakal dirilis kedepannya. Salah satu model dalam roadmap tersebut adalah lensa Prime (Fixed Focal Length) XF 33 mm yang memiliki bukaan sangat lebar untuk ukuran lensa kamera Mirrorless autofokus.

Lensa Prime XF Memiliki Bukaan Lebar Sebesar f/1.0 Aperture

FujiFilm Min
Road Map Lensa Fuji Film

Lensa Prime XF 33 mm ini memiliki bukaan sebesar f/1.0. Aperture ini lebih besar jika dibandingkan dengan XF5.6 f/1.2 yang merupakan lensa Fujifilm dengan bukaan terlebar saat ini. Semakin lebar bukaan maka semakin banyak pula cahaya yang masuk ke sensor. Sehingga tingkat ISO bisa dikecilkan. Lensa dengan bukaan lebar sering disebut dengan Fast Lens.

Beberapa pabrikan sebenarnya sudah lama menghadirkan lensa Mirrorless dengan Aperture yang lebih lebar. Seperti Voigtlander dengan lensa berbukaan f/0.95. Namun, lensa tersebut tidak dibekali oleh manual focus seperti Fujifilm XF33 mm f/1.0.

XF33 mm f/1.0 R WR (Weather Resistant) bakal menjadi lensa mirrorless pertama dengan bukaan yang mencapai f/1.0 serta memiliki kemampuan autofokus. Sayangnya, lensa ini baru akan dirilis pada tahun 2020 nanti.

ARTIKEL TERKAIT
Melihat Keunggulan Qualcom Snapdragon 660 dan 630

FujiFilm Tidak Bisa Sesumbar Sebab Nikon Akan Mematenkan Lensa Dengan Bukaan Lebih Lebar

Fuji Film 1 Min
Nikon Akan Mematenkan Lensa Dengan Bukaan yang Lebih Lebar

Sayangnya, Fujifilm tak bisa sesumbar karena Nikon sudah menyiapkan lensa bukaan yang lebih lebar dan akan mematenkan lensa AF 52mm f/0.9 untuk kamera Mirrorless Full-Frame.

Selain XF33mm f/1.0, Fuji Film juga akan merilis XF16mm f/2.8 R WR dan lensa Zoom XF16-80mm F4R OIS Wr pada tahun 2019.

Ayo mulai berdiksusi