in , , , , ,

3 Founder Startup yang Mendadak Kaya Setelah Diakuisisi Facebook

Facebook Min

Facebook dikenal sebagai perusahaan yang gemar mengakuisisi startup dengan biaya yang tak murah. Kini, paling tidak ada sekitar 70 perusahaan anak dibawah Facebook. Namun, biasanya startup yang diakuisisi Facebook pun sukses berkembang. Selain itu dengan adanya akuisisi tersebut, para founder startup tersebut tiba – tiba menjadi kaya raya setelah perusahaanya dibeli oleh Mark Zuckenberg. 

Ini Dia 3 Founder Startup yang Mendadak Kaya Setelah Diakuisisi Facebook

1. Instagram – Kevin Systrom & Mike Krieger

Kevin Systrom Dan Mike Krieger Min

Kevin Systrom & Mike Krieger | technadu.com

Siapa sih yang engga kenal Instagram? Mungkin kalian yang baca artikel ini juga sering menggunakan Instagram. Instagram kini bertranformasi menjadi media sosial yang sering digunakan oleh generasi millennial.

Founder Instagram,  Kevin Systrom dan Mike Krieger mendapatkan kesepakatan akuisisi dari Facebook pada 9 April 2012. Kala itu, Facebook mengaksuisi Instagram dengan nilai sebesar US $ 1 Miliar. Ya meskipun begitu, nilai itu tidak sebanding dengan kesuksesan Instagram saat ini.

Kala itu, Kevin Systrom berhak mendapat US $ 400 juta karena memiliki 40 % saham. Sementara Mike Krieger hanya mendapat US $ 100 juta karena hanya memiliki 10 % saham saja.

ARTIKEL TERKAIT
Yuk Simak 5 Profesi Menggiurkan Ini Hanya Bermodalkan Smartphone

Kini kekayaan keduanya pun semakin bertambah. Dikabarkan, kini kekayaan Kevin Systrom mencapai US $ 1,4 miliar. Sementara, kekayaan Krieger diperkirakan mecapai US $ 500 juta.

2. Whatsapp – Jan Koum & Bryan Adam

Jan Koum Bryan Adam diakuisisi facebook
Jan Loum & Bryan Adam | wired.com

Layanan pesan instan, Whatsapp pun kini juga sudah digunakan oleh berjuta-juta orang di dunia ini. Founder & Co-Founder Whatsapp, Jan Koum dan Bryan Adam berhasil menandatangani kesepakatan akusisi yang dilakukan Facebook. Dengan nilai akusisi sebesar US $ 19 Miliar, Jan Koum sebagai pemegang 45 persen saham mendapatkan US $ 6,9 Miliar. Sementara Bryan Adam dengan 20 persen sahamnya mendapatkan US $ 3 Miliar.

Kini, Jan Koum diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US $ 9,6 miliar. Semenara Bryan Adam diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US $ 3,6 miliar.

3. Oculus – Palmer Luckley

Oculus Min
Palmer Luckley | Holographica.space

Palmer Luckley merupakan founder dari Oculus, sebuah perusahaan yang berfokus pada teknologi kacamata VR (Virtual Reality).  Baru menjalani Oculus selama 3 tahun, Facebook menawarkan tawaran akuisisi kepada Palmer Luckley. Kala itu, Luckley baru berumur 21 ketika perusahaannya diakuisi.

ARTIKEL TERKAIT
Mark Zuckerberg Akhirnya Jelaskan Soal Krisis yang Menimpa Facebook

Facebook mengakuisisi Oculus dengan nilai sebesar US $ 2 miliar. Kini, kekayaan Palmer Luckley diperkirakan mencapai US $ 730 juta yang menjadikan dirinya menjadi “pengusaha terkaya dibawah umur 40 tahun di Amerika Serikat tahun 2016”.

channabeck

Editor in Chief di Dafunda Game. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.

Bermain game gak bikin bodoh kok ! Justru ada moral value yang dapat kita pelajari dalam tiap video game.

Ayo mulai berdiksusi