3 Founder Startup yang Mendadak Kaya Setelah Diakuisisi Facebook


Facebook Min

Facebook dikenal sebagai perusahaan yang gemar mengakuisisi startup dengan biaya yang tak murah. Kini, paling tidak ada sekitar 70 perusahaan anak dibawah Facebook. Namun, biasanya startup yang diakuisisi Facebook pun sukses berkembang. Selain itu dengan adanya akuisisi tersebut, para founder startup tersebut tiba – tiba menjadi kaya raya setelah perusahaanya dibeli oleh Mark Zuckenberg. 

Ini Dia 3 Founder Startup yang Mendadak Kaya Setelah Diakuisisi Facebook

1. Instagram – Kevin Systrom & Mike Krieger

Kevin Systrom Dan Mike Krieger Min

Kevin Systrom & Mike Krieger | technadu.com

Siapa sih yang engga kenal Instagram? Mungkin kalian yang baca artikel ini juga sering menggunakan Instagram. Instagram kini bertranformasi menjadi media sosial yang sering digunakan oleh generasi millennial.

Founder Instagram,  Kevin Systrom dan Mike Krieger mendapatkan kesepakatan akuisisi dari Facebook pada 9 April 2012. Kala itu, Facebook mengaksuisi Instagram dengan nilai sebesar US $ 1 Miliar. Ya meskipun begitu, nilai itu tidak sebanding dengan kesuksesan Instagram saat ini.

Kala itu, Kevin Systrom berhak mendapat US $ 400 juta karena memiliki 40 % saham. Sementara Mike Krieger hanya mendapat US $ 100 juta karena hanya memiliki 10 % saham saja.

ARTIKEL TERKAIT
Mau Tau? Yuk Intip 5 Fakta Akuisisi Github oleh Microsoft yang Belum Kamu Ketahui

Kini kekayaan keduanya pun semakin bertambah. Dikabarkan, kini kekayaan Kevin Systrom mencapai US $ 1,4 miliar. Sementara, kekayaan Krieger diperkirakan mecapai US $ 500 juta.

2. Whatsapp – Jan Koum & Bryan Adam

Jan Koum Bryan Adam diakuisisi facebook
Jan Loum & Bryan Adam | wired.com

Layanan pesan instan, Whatsapp pun kini juga sudah digunakan oleh berjuta-juta orang di dunia ini. Founder & Co-Founder Whatsapp, Jan Koum dan Bryan Adam berhasil menandatangani kesepakatan akusisi yang dilakukan Facebook. Dengan nilai akusisi sebesar US $ 19 Miliar, Jan Koum sebagai pemegang 45 persen saham mendapatkan US $ 6,9 Miliar. Sementara Bryan Adam dengan 20 persen sahamnya mendapatkan US $ 3 Miliar.

Kini, Jan Koum diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US $ 9,6 miliar. Semenara Bryan Adam diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US $ 3,6 miliar.

3. Oculus – Palmer Luckley

Oculus Min
Palmer Luckley | Holographica.space

Palmer Luckley merupakan founder dari Oculus, sebuah perusahaan yang berfokus pada teknologi kacamata VR (Virtual Reality).  Baru menjalani Oculus selama 3 tahun, Facebook menawarkan tawaran akuisisi kepada Palmer Luckley. Kala itu, Luckley baru berumur 21 ketika perusahaannya diakuisi.

ARTIKEL TERKAIT
Seorang Bocah 10 Tahun Bobol Instagram, Dapat Bayaran 132 Juta Rupiah

Facebook mengakuisisi Oculus dengan nilai sebesar US $ 2 miliar. Kini, kekayaan Palmer Luckley diperkirakan mencapai US $ 730 juta yang menjadikan dirinya menjadi “pengusaha terkaya dibawah umur 40 tahun di Amerika Serikat tahun 2016”.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
channabeck

Editor in Chief di Dafunda Tekno. Mahasiswa yang sedang tertatih mengembangkan bisnis startup.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik