Community Action : Fitur Petisi Online Facebook yang Bebas Hoax

Petisi Online Min

Facebook bakal merilis fitur baru bernama “Community Action” (Aksi Komunitas)  yang dapat digunakan untuk membuat petisi online layaknya yang ada di change.org.

Dapat Menandai Langsung Pihak Terkait Untuk Mendapatkan Perhatian

Petisi online di fitur ini akan berada di news feed (lini masa) facebook. Uniknya, petisi ini bisa menandai langsung sosok pejabat, instansi, organisasi dan orang terkait. Fungsinya adalah agar bisa lebih menekan atau mencari perhatian dari pihak terkait.

Fitur-fitur dari petisi ini adalah fitur mengikuti petisi, invite teman, share petisi, memberikan komentar/pendapat dari petisi yang dibuat atau share dukungan langsung.

Facebook Menjamin Petisi Online Ini Aman Dari Hoax Dan Ujaran Kebencian

Facebook menjamin bahwa fitur “Community Action” ini bisa terbebas dari kejahilan penyebar hoax atau penyebar ujaran kebencian. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Facebook akan menggunakan moderator yang dihandle oleh real user secara manual dan dibantu oleh algoritma.

Community Action ini dibuat sebagai gebrakan baru Facebook sebagai media sosial. Facebook juga berencana untuk bekerja sama dengan instansi pemerintahan untuk mempermudah dalam penyampaian aspirasi netizen kepada pemerintah.

Community Action Petisi Online Facebook
Petisi Monotarium Pengeboran Minyak Di Colorado | Facebook

Fitur ini sudah diuji coba di Amerika Serikat dan petisi-petisi yang telah dibuat antara lain Petisi moratorium pengeboran minyak & gas di Colorado, Amerika Serikat serta petisi permohonan pengadaan layanan penyebrangan jalan di Philadelphia. 

Sementara terkait untuk masuknya fitur ini ke Indonesia, belum ada kabar lebih lanjut dari pihak Facebook.

Ayo mulai berdiksusi