in , ,

10 Fitur Ini Diramal Akan Hilang di Smartphone

Sudah tahu belum 10 fitur di smartphone ini bakal hilang? yuk langsung aja simak ulasan berikut yang Dafunda Tekno sajikan

Fitur Smartphone Ini Bakal Hilang Diperedran

Tak bisa dipungkiri dengan beragam perkembangan teknologi saat ini membuat banyak perubahan yang terjadi di industri ponsel pintar. Perubahan itu mencakup mulai dari spesifikasi, teknologi dan pola bisnis yang diandalkan oleh sebuah vendor.

Hadirnya teknologi baru yang semakin baru tentu teknologi sebelumnya atau lawas ditinggalkan. Siklus tersebut adalah suatu hal yang wajar terjadi. 

Begitu pula dengan industri smartphone saat ini, sudah banyak sekali fitur bermunculan dan ada juga fitur yang mulai ditinggalkan.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari GadgetNow, ada 10 fitur dan teknologi di smartphone kemungkinan besar akan hilang di masa depan lambat laun. Fitur-fitur apa saja yang akan hilang di smartphone tersebut? yuk simak langsung ulasan berikut ini.

10 Fitur di Smartphone Ini Bakal Hilang 

1. Pemindai Sidik Jari

Walaupun sudah banyak vendor smartphone yang mengadopsi fitur pemindai sidik jari, namun diramal fitur tersebut tidak akan digunakan dimasa depan. Pasalnya ada beberapa vendor smartphone saat ini lebih memilih pemindai wajah sebagai kunci keamanan.

ARTIKEL TERKAIT
Pengguna iPhone Kena Tagihan Rp 28 Juta Karena Aplikasi Ini

Apple salah satu perusahaan yang mulai menghilangkan fitur ini di Trio iPhone terbarunya. Sedangkan ada langkah lain yang diambil oleh para vendor Android, dengan memindahkan posisi pemindai sidik jari ke dalam layar.


2. Jack Audio 3,5 mm

Memang fitur jack audio 3,5 mm tidak sepenuhnya hilang, namun keberadaan fitur tersebut diprediksi akan tergantikan oleh teknologi wireless.

Dimana sekarang headphone dengan koneksi bluetooth sudah menjamur dan tidak menutup kemungkinan semakin lambat laun akan membuat jack ini akan hilang.


3. Slot Kartu SIM

Memang belum banyak yang memprediksikan akan hilangnya slot kartu SIM dari smartphone. Namun dengan hadirnya teknologi baru e-SIM, kemungkinan slot SIM untuk dilenyapkan bisa saja terjadi.

Jika sudah banyak menggunakan teknologi e-SIM, maka tidak menutup kemungkinan semua operator akan beralih untuk berhenti membuat SIM secara fisik. Dengan begitu slot kartu SIM tidak lagi dibutuhkan di smartphone.


4. Slot MicroSD

Sama halnya dengan slot kartu SIM, slot MicroSD juga tidak akan digunakan lagi jika para pembuat smartphone menanamkan media penyimpanan internal berkapasitas besar di smartphone nya.

ARTIKEL TERKAIT
Smartwatch ini gabungkan Sistem Mekanik Dengan Teknologi Digital

Dengan begitu pengguna smartphone tidak perlu lagi membeli kartu memori tambahan dan slot MicroSD otomatis tidak dibutuhkan lagi. Apalagi saat ini juga sudah banyak beralih ke penggunaan cloud  dan Steaming.


5. Charger Berkabel

Teknologi mengisi dahya dengan nirkabel atau wireless charging sejatinya sudah digunakan walaupun hanya pada ponsel kelas atas saja. Jika teknologi tersebut dibawa ke ponsel murah, maka charger tradisional yang menggunakan kabel bisa saja hilang di peredaran.


6. Speaker

Mungkin kamu akan bertanya dan berpikir, bagaimana sebuah ponsel tidak lagi menggunakan speaker? Terus dari mana asal suara yang akan keluar?

Ternyata suara dari smartphone tidak hanya bisa keluar dari speaker saja.  Contohnya saja seperti Vivo Nex yang sudah menggunakan teknologi Screen SoundCasting. Teknologi ini ada memungkinkan suara yang keluar berasal dari layar, tidak lagi melalui lubang speaker.

Nah jika teknologi tersebut banyak diadopsi oleh pembuat smartphone, maka tidak menutup kemungkinan lubang speaker yang pada umumnya berfungsi untuk mengeluarkan suara akan hilang dari peredaran.

ARTIKEL TERKAIT
Asus dan Xiaomi Berani Banting Harga di Indonesia, Bagaimana dengan Samsung?

7. Tombol Volume

Masa depan, tombol volume bisa saja akan diintegrasikan dengan tombol kunci di smartphone. Sehingga para pembuat ponsel lebih hemat dalam hal ruang dan biaya untuk pembuatan setiap komponen di smartphonenya.


8. Faktor Bentuk “Candybar”

Jika dilihat desain atau bentuk smartphone sekarang, rata-rata memiliki bentuk yang hampir sama, yaitu menggunakan konsep “candybar” dengan layar penuh dan tanpa adanya tombol fisik.

Dengan adanya pengembangan layar lipat, maka besar kemungkinan bentuk sebelumnya “candybar” tidak lagi diadopsi oleh para vendor smartphone.


9. Lubang earpiece

Earpiece adalah sebuah speaker kecil yang dipakai saat melakukan panggilan telepion. Ke depan lubang earpiece ini bisa saja tidak akan digunakan lagi.

Karena jika benar banyak vendor yang menggunakan teknologi layar yang dapat mengeluarkan suara, maka fitur tersebut akan hilang lambat laun.


10. Kamera Tunggal

Bicara soal kamera ponsel mungkin tidak cukup hanya sebatas besaran megapiksel saja, namun juga membutuhkan jumlah lensa yang begitu banyak.

Nah sekarang sudah banyak sekali vendor yang menggunakan lensa ganda dan disematkan di ponselnya disegala segmen.

ARTIKEL TERKAIT
Line Bakal Sediakan Fitur Tarik Pesan yang Telanjur Terkirim

Sebentar lagi, ponsel dengan tiga lensa juga kabarnya mulai dipasarkan. Jadi kedepan, kemungkinan besar par vendor smartphone tidak lagi menyematkan satu lensa di ponselnya.


Itulah 10 fitur di smartphone yang bakal hilang dan tergantikan dengan teknologi baru yang lebih efektif dan fleksibel. Apakah kamu setuju dengan 10 fitur di smartphone ini bakal hilang? berikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini.

Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...

Ayo mulai berdiksusi