Fitur Baru di Windows 10 Bikin Komputer Kamu Kebal dari Serangan Ransomware


fitur terbaru di Windows 10 kebal dari Ransomware

Tugas dari Ransomware adalah merusak segala data enkripsi. Namun jika belum terjadi decryptor tool nya, masih ada 3 hal yang kamu lakukan disaat PC terinfeksi oleh virus ganas tersebut yaitu:

1.Membayar tebusan 

fitur baru di Windows 10 mengatasi dari Ransomware

 

Cara ini Dafunda Tekno  tidak menyarankan, karena kemungkinan besar tidak ada jaminan bagi sang pembuat Ransomeware mau bertanggung jawab dengan memberikan Key decryptor setelah kamu membayarnya. Seperti pada kasus sebelumnya NotPetya (Petya 2017), dimana email pembuat Ransomware tidak aktif, dan personal key yang diberikan adalah fake dengan karakter random.

2.Pasrah dan Iklas 

fitur baru di Windows 10 mengatasi dari Ransomware

Kamu dapat merelakan semua data yang rusak karena enkripsi dihapus, lalu format sampai habis kemudian install ulang Windows.

3. Sabar Atas Cobaan Ini

fitur baru di Windows 10 mengatasi dari Ransomware Hanya bisa bersabar dan membiarkan semua data terenkripsi, sambil duduk manis menunggu dan berharap suatu saat ada decryptor tool yang diluncurkan perusahaan antivirus atau security reseacher.

Nah karena saat ini tengah maraknya serangan Ransomware di Windows, maka pihak Microsoft mengambil langkah baik dengan menanamkan sebuah fitur baru. Fitur tersebut nantinya bakal memberikan kenyamanan bagi pengguna Windows dari serangan Ransomware. Fitur yang dimaksud adalah Comtrolled Folder Access memang sudah tertanam di Windows Defender Security Center.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mematikan Komputer Windows Tanpa Menginstall Window Update

Sudah Tahu Apa itu Fitur Controlled Folder Access?

Fitur terbaru di Windows 10 ini bakan diluncurkan di Fall Creators Update untuk mengatasi data kamu tidak dapat diubah tanpa ijin oleh aplikasi apapun. Termasuk disitu malware dan threat seperti virus Ransomware.

Cara Kerja Fitur Controlled Folder Access

fitur terbaru di Windows 10 bikin kebal dari ransomware

Pada Windows Defender Security Center kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut. Kamu juga bisa memasukkan folder apa saja yang ingin di proteksi. Dengan begini seluruh data penting kamu seperti data kuliah, kerjaan, foto penting dan sebagainya akan aman.fitur terbaru di Windows 10 bikin kebal dari ransomware

Peran Windows disini akan terus memonitor setiap perubahan yang terjadi setiap data yang berada didalam folder tersebut. Nah jika ada aplikasi atau Ransomware misalnya ingin mengubah file tersebut, maka secara otomatis diblacklist oleh fitur terbaru di Windows ini. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan.

Selain itu, tidak hanya daftar folder saja yang bisa kamu proteksi. Kamu disini juga bisa memasukkan daftar aplikasi apa saja yang kamu beri akses untuk melakukan setiap perubahan.

ARTIKEL TERKAIT
Game Mode Windows 10 Tak Hanya untuk Windows Store

fitur terbaru di Windows 10 bikin kebal dari ransomware

Kamu juga bisa menambahkan folder apapun yang kamu mau, namun tidak bisa menhapus folder yang sudah kamu atur proteksi secara default seperti Documents, Pictures, Movies, dan Desktop.

Dengan terdapat fitur baru ini di Windows 10, data serta dokumen yang kamu anggap penting bakal lebih jauh aman terutama dari serangan Ransomware yang makin hari makin ganas.

 

Fitur baru di Windows 10 ini sudah bisa kamu coba di Windows 10 Insider build 16232 yang sudah diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Nah bagi kamu pengguna Windows non-insider, fitur ini bisa kamu nikmati di update mayor Windows 10 kedepannya:Windows 10 Fall Creators Update.

Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik