4 Fakta Unik Zhan Yimming, Miliarder Kaya Dibalik Aplikasi Tiktok

Zhan Yimming 2 Min

Kehadiran Tiktok sempat menghebohkan netizen di Indonesia. Aplikasi yang satu ini banyak disalah gunakan dan lebih menuju kepada hal berbau seksualitas. Bahkan, aplikasi ini juga diblokir oleh Kominfo pada 3 Juli 2018 setelah desakan dari masyarakat mengenai aplikasi ini.

Namun, jarang orang mengetahui siapa itu founder dari aplikasi Tiktok. Yup, namanya jarang terdengar bahkan oleh pengguna Tiktok sendiri. Yap, founder dari Tiktok adalah Zhang Yiming.

DAFTAR ISI

4 Fakta Unik Zhan Yimming, Founder Tiktok


1.Zhan Yimming Jago Membangun Perusahan Platform Video Musik


Kerajaan Bisnis Zhan Yimming Min
Kerajaan Zhan Yimming | Technode

Zhan Yimming dikenal sebagai sosok wirausahawan yang jago dalam membangun perusahaan platform video musik. Dia membangun dinasti bisnis nya melalui perusahaan bernama Bytedance pada 9 Maret 2012 silam.

Perusahaan ini menanungi beberapa platform musik video. Tiktok, Musical.ly, Live.me. Flipgramm. Top Buzz Video, Houshan, Toutiao dan Neihan.

Aplikasi yang ia bikin terbilang cukup sukses, contoh saja Toutiao. Aplikasi ini memiliki 120 juta pengguna aktif per harinya. Ditaksir valuasi perusahaan Toutiao mencapai US $ 22 miliar atau setara dengan Rp 315 triliun.

Yhan Zimming pun mengaku kalau aplikasi Tiktok nya berhasil berkembang di luar China seperti Brasil, Vietnam serta pastinya Indonesia.

2. Zhan Yimming Memiliki Mimpi Untuk Mengalahkan Google


Zhan Yimming Min
Berambisi Susul Google | Fortune.com

Ia memiliki mimpi besar yaitu mengalahkan Google. Ia bermimpi suatu saat nanti aplikasi buatannya, Toutiao mampu menyusul Google.

Google adalah perusahaan tanpa batas. Harapan saya, Toutiao akan berevolusi seperti Google. Saya ingin melakukan hal-hal menarik yang berguna bagi masyarakat


Zhan Yimming dikutip saat interview hans.vc

3. Mengawali Karir Sebagai Software Engineer


Zhan Yimming merupakan lulusan Nankai University jurursan Software Engineering. Setelah lulus kuliah, ia mulai bekerja sebagai software enginer. Karirnya terus menunjukkan progress yang sangat baik sampai dia mampu bertransformasi menjadi CEO (Chief Executife Officer).

Dia mampu memahami kebutuhan trend anak muda saat ini, sehingga aplikasi buatannya sering sekali populer di dunia maya. Atas kemampuannya memahami pasar dan membuat aplikasi tersebut. Kini kekayaannya ditaksir mencapai US $ 4 miliar atau setara Rp 57,4 triliun. Ia pun menjadi orang terkaya urutan 574 di dunia.

4. Pembuat Tiktok, Tapi Awalnya Ga Pernah Pakai Tiktok


Tiktok Min

Uniknya, ia ga pernah pakai Tik tok pada saat awal-awal membangun aplikai ini . Ia mendevelop aplikasi tersebut, tapi ia ga pernah pakai aplikasi tersebut. Alasannya karena ia sadar bahwa aplikasinya ditujukan kepada pengguna yang masih muda. Sedangkan dirinya sudah tua, jadi ia sadar bahwa dirinya tak butuh untuk memakai aplikasi ini.

Nah, tapi ia sadar bahwa menggunakan aplikasi sendiri dalam membangun Tiktok sangat diperlukan. Maka dari itu, pikirannya pun berubah 180 derajat. Justru, kini ia mewajibkan seluruh staffnya untuk membuat video Tiktok. Staff yang memperoleh like paling sedikit pada videonya akan menerima hukuman berupa push-up.

ARTIKEL TERKAIT
Kamu Seorang Non Technical Founder? Lakukan 7 Langkah Ini Untuk Membangun Startup

channabeck

Editor in Chief di Dafunda Game. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.

Bermain game gak bikin bodoh kok ! Justru ada moral value yang dapat kita pelajari dalam tiap video game.

Ayo mulai berdiksusi