FaceID Ini Berhasil Diakses Hanya dengan Kacamata dan Selotip

in
Cara Jebol Sensor Wajah

Sistem keamanan yang menggunakan FaceID milik Apple menjadi salah satu cara paling aman untuk masuk ke ponsel. Pasalnya, sistem keamanan ini tidak sama seperti sidik jari yang bisa direplika atau dicetak secara 3D. Dengan begitu tidak mungkin sebuah wajah yang bisa dikelabui meski menggunakan topeng atau foto.

Namun, keamanan tersebut ternyata tidak seperti yang dijanjikan di atas. Sebuah penelitian mampu melewati sistem keamanan FaceID di iPhone yang disebut sangat aman.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Ubergizmo, para peneliti dari Tencent berhasil menemukan cara membobol FaceID. Caranya hanya dengan menggunakan dua alat sederhana yaitu menggunakan kacamata dan selotip.

Dengan dua metode ini, mereka bisa digunakan untuk mengelabui sistem liveness detection yang dipakai di FaceID untuk menentukan bahwa wajah yang dipindai itu adalah sebenarnya bukan topeng atau foto.

Caranya dengan menempelkan selotip hitam di kacamata dan meletakkan di wajah pemilik saat tidur atau tidak sadar. Menggunakan metode ini, para peneliti mampu membuka kunci iPhone pengguna. Di samping itu, sistem juga bisa mengirim uang kepada diri mereka lewat aplikasi pembayaran mobile.

Walaupun kedua cara ini memang terlihat sederhana, namun juga rumit bagi sang peretas untuk dapat mengaksesnya. Karena berharap korban dalam kondisi tidur atau tidak sadar.

Jadi hal ini hanya memiliki sedikit kemungkinan terjadi bagi pengguna iPhone. Tetap saja, hal ini perlu diperhatikan oleh pihak Apple demi memberikan keamanan lebih baik lagi ke depan.

Ayo mulai berdiksusi