Sekitar 400 Juta Data Pengguna Facebook Berhasil Dibobol Peretas

in
Data Facebook Min

Facebook kembali harus berhadapan dengan masalah kebocoran data. Kini, mereka harus menghadapi peretasan server yang menyimpan lebih dari 400 juta nomor ponsel penggunanya.

Menurut Tech Crunch, ada sekitar  419 no ponsel di dunia yang diretas dengan rincian 133 juta akun pengguna di Amerika Serikat, 50 juta pengguna di Vietnam, dan 18 juta pengguna di Inggris.

Facebook Sering Dilanda Kasus Kebocoran Data

Facebook Data Breach Min

Selain no ponsel, informasi seperti ID Facebook, jenis kelamin dan lokasi pengguna turut bocor ke tangan peretas. Peretasan ini disebabkan karena server yang menyimpan data tersebut tidak dilindungi dengan sandi, artinya siapa pun dapat mengakses database tersebut secara bebas.

Meskipun begitu, Facebook mengklaim jumlah akun yang terkena dampaknta hanya sekitar 200 juta-an saja. Bahkan banyak diantara terdapat data duplikat atau data yang sudah usang.

Kasus kebocoran data Facebook ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, mereka harus mendapatkan skandal besar yang bernama Cambridge Analitica 2018. Sistem kemanan privasi di Facebook yang lemah dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan data pengguna yang berdampak pada kemenangan Donald Trump di pemilihan presiden di Amerika Serikat.

Penggunaan nomor ponsel sebagai pengaman akun media sosial, nampaknya sudah tak efektif lagi. Pasalnya beberapa waktu yang lalu, akun twitter milik Jack Dorsey (CEO Twitter sendiri) bisa dibobol hanya berbekal nomor ponsel saja.

Ayo mulai berdiksusi