in , ,

6 CEO Ini Memiliki Perjalanan Karir Terburuk Sepanjang Masa Bikin Perusahaan Bangkrut. Apa Jack Ma Juga Ikut?

Berikut adalah beberapa CEO terburuk sepanjang masa yang pernah membuat bangkrut perusahaannya.

Ceo Terburuk Sepanjang Masa Min

Tentu kamu sering dengar para pemimpin sebuah perusahaan atau disebut dengan CEO (chief Executive Officer) yang bisa membawa perusahaan semakin maju dalam inovasi terdepan dan mendapatkan keuntungan yang besar untuk setiap produk yang dihasilkan. 

Sebut saja seperti Bos Apple Steve Jobs, Bos Alibaba Jack Ma, dan Bos Microsoft Bill Gates yang sudah menjadi CEO dan milyuder di usia yang baru 35 tahun. Namun sekian cerita sukse mereka, ada juga beberapa CEO teburuk sepanjang masa yang bisa membuat perusahaan yang dipimpin menjadi bangkrut. Siapa- saja CEO terburuk tersebut? Simak ulasan berikut ini.

6 CEO Terburuk Sepanjang Masa Bisa Bikin Bangkrut Perusahaan 

1.Evan Spiegel-Snapchat

1.Evan Spiegel Snapchat
Source:  Adweek

Meskipun saat ini masih belum memutuskan mundur dari sebuah layanan sosial, namun Snapchat masih tetap di bully oleh berbagai pihak karena saham yang dimiliki oleh Snapchat mengalami kerugian hingga USD 3,4 miliar atau setara dengan Rp 46,4 triliun di tahun 2017. Apakah di tahuun 2018 ini membaik? Jawabannya tentu saja tidak. Pasalnya Snapchat masih merasa ragu untuk mengmebalikan nilai saham dan untuk mengalahkan raja sosial media lain seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

ARTIKEL TERKAIT
5 Promo Paling Banyak Dicari di Google Selama Ramadan

2. Martin Winterkorn-Volkswage

Martin Winterkorn Volkswagen
Source:  The Financial Express

Jika kamu pernah mendengar mengenai kasus kecurangan terhadap mobil dari Jerman Volkswagen (VW) secara jelas memalsukan data emisi gas buang, Martin Winterkorn lah orang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Ia memasukkan sebuah software khusus untuk dapat memanipulasi data emisi gas buang menjadi lebih kecil saat dilihat dan mobil keluaran VW dianggap lebih ramah lingkungan. Kecurangan tersebut dilakukan pada 11 juta lebih mobil VW di di dunia.


3. John Sculley-Apple

John Sculley Apple
Source:  CELEBLIVEUPDATE

Sudah tahu siapa yang pernah memecat Steve Jobs dari Apple? Nah inilah orangnya yang bernama John Sculley. Sebenarnya Steve Jobs memberikan pekerjaan kepadanya untuk membantu penjualan Apple Macintosh. Namun saat Apple berada diambang bangkrut, Ia berani memecat Steve Jobs dari jabatannya. Setelah itu karma menantinya di tahun 1993 Sculley akhirnya di longsorkan sebagai CEO karena Apple tidak kunjung mendapatkan peningkatan dan malah menjadi lebih bangkrut.

4. Marissa Mayer-Yahoo

Marissa Mayer Yahoo

Source: GettyImages

Walaupun  Tumblr adalah sebuah proyek yang berhasil dikembangkan oleh Marissa Mayer dan masih memberikan keuntungan bagi Yahoo, Ia tetap disebut sebagai pahlawan Yahoo namun kini terpaksa harus menghentikan beberapa lini produknya. Marissa di cap sebagai orang ‘bodoh’ yang telah membeli banyak perusahaan untuk Yahoo 3 milyar dolar, dan dikenang sebagai kegagalan terbesar dalam hidupnya.

ARTIKEL TERKAIT
Nvidia Luncurkan GTX 1080 Ti, Tandingan GTX Titan X Pascal Dengan Harga Lebih Murah

5. Stephen Elop-Nokia

Stephen Elop Nokia
Source: The Verge

Sudah tahu belum siapa orang dibalik yang membuat Nokia tidak sepopuler dulu. Hancurnya kejayaan Nokia disebabkan memaksa Nokia untuk memproduksi ponselnya hanya terbatas untuk sistem operasi Windows Phone. Stephen Elop lah orangnya. Setelah hancurnya Nokia ditangannya, kini Nokia harus kembali merangkak untuk memulai debutnya nya di dunia smartphone dan kembali menjadi sebagai penguasa pasar smartphone di bawah perusahaan HMD Global.

6.Nick Woodman-GoPro

Nick Woodman GoPro
Source:  Rewind & Capture

Pernah sempat digaji hanya 1 dolar atau Rp 13.000 di awal Januari 2018 bertujuan untuk menyelamatkan perusahaan yang dipimpin. Nyatanya bukan membuat GoPro bangkit, hingga saat ini belum ada kejelasan dan produk terbaru GoPro yang bisa dirasakan oleh masyarakat di dunia. Salah siapa? tentu saja Nick Woodman yang bertanggung jawab atas kejadian ini.


Itulah 6 CEO terburuk sepanjang masa dan membuat perusahaan menjadi bangkrut. Kalau kamu jadi CEO nantinya semoga tidak gagal dan bisa belajar dari pengalaman yang telah mereka lakukan ya guys. Jangan lupa share dan komen artikel ini terus untuk dan terus mendapatkan informasi, tips & trik seputar teknologi lainnya di Dafunda Tekno

Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...

Ayo mulai berdiksusi