Cara Mudah Membuat Sendiri Vaksin Petya (NotPetya) Supaya Komputer Kamu Kebal Serangannya


Cara membuat vaksin Petya (NotPetya) supaya komputer kamu bisa kebal dengan infeksi virus yang sedang maraknya saat ini masih banyak yang belum tahu. Kamu termasuk orang beruntung jika membaca artikel satu ini dan menerapkan pada komputer kesayanganmu.

Sekedar informasi, virus Petya kali ini menyerang (NotPetya) bukan menyerang ransomware dan Wiper. Artinya, NotPetya ini diciptakan dengan target merusak data. Jadi sangat mustahil komputer kamu yang sudah terinfeksi virus ini data didalamnya dapat dikembalikan lagi, alias akan musnah.

Nah, melalui tutorial Dafunda Tekno berikan berikut ini kamu bisa membuat vaksin sendiri supaya mencegah terinfeksi oleh virus ganas tersebut. Cara nya cukup mudah, Kamu hanya perlu membuat 3 jenis file melalui partisi C:Windows dengan mengubah format Read-only  yaitu:

 

  • perfc
  • perfc.dat
  • perfc.dll

Cara Membuat Vaksin Petya (NotPetya) sendiri di Komputer

  • Langkah awal yang kamu lakukan adalah dengan memastikan File Explorer Windows dapat menampilkan ekstensi file. Caranya buka File Explorer – File – Change folder and search options.
ARTIKEL TERKAIT
Supaya Tidak Diblokir Kartu Smartfren Kamu, Lakukan Cara Ini Untuk Registrasinya

cara mengatasi virus patya

  • Pada jendela Folder Options, pilih tab View lalu hilangkan centang pada opsi Hide extensions for known file types, kemudian Apply.

cara mengatasi virus patya

  • Langkah selanjutnya buka partisi C:Windows – arahkan scroll sampai kebawah dan temukan notepad.exe – copy notepad.exe lalu paste sebanyak 3 kali, sehingga kamu akan melihat 3 buah file baru yakni:

 

  1. notepad – Copy.exe
  2. notepad – Copy (2).exe
  3. notepad – Copy (3).exe

Hasil yang terlihat seperti gambar dibawah ini.

cara mengatasi virus patya

Sekarang ubah nama ketiga file yang baru kamu buat tadi menjadi :

  • perfc (hilangkan ekstensi nya)
  • perfc.dat 
  • perfc.dll

Catatan: kerena kamu mengubah nama setiap file tersebut tanpa menggunakan ekstensi (seperti perfc, perfc.dat, dan perfc.dll) maka akan muncul notifikasi konfirmasi, pilih saja tombol Yes.

Nantinya kamu akan mendapatkan hasilnya seperti gambar dibawah ini:

 

cara mengatasi virus patya

  • Langkah berikutnya adalah klik kanan pada masing-masing file – Properties – dan centang pada Read-only. lakukan hal sama untuk ketiga file yang sudah kamu buat tadi.

cara mengatasi virus patya

Selesai. Mulai sekarang komputer kamu sudah kebal dengan namanya virus ganas Petya (NotPetya) yang saat ini sedang maraknya menyerang setiap komputer yang ada. Vaksin ini didapat oleh security researcher Amit Serper, kemudian dibagikan melalui akun Twitter nya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Upload Foto atau Gambar ke Instagram Pakai Browser PC dengan Mudah

Jangan lupa, pastikan kamu menyebarkan informasi ini terutama saudara, teman dekatmu, dan orang lain supaya banyak komputer kebal dari Petya (NotPetya) yang berefek merusak. semakin banyak orang mengetahui cara membuat vaksin Petya (NotPetya) maka semakin banyak komputer yang terlindungi komputer di Indonesia dari infeksi wiper ganas tersebut.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik