Cara Mengatasi Kamera Gagal Terbuka (Force Close)

Cara Mengatasi Kamera Gagal

Cara mengatasi Kamera Gagal Terbuka atau Force Close – Siapa sih yang tidak suka berfoto? Saat ini berfoto adalah kegiatan yang paling disukai oleh banyak orang. Apalagi sekarang berfoto tidak harus memiliki kamera yang mahal, cukup dengan smartphone saja, kamu sudah bisa menciptakan berbagai gaya foto.

Nah pernah tidak kamu mengalami masalah pada kamera HP disaat ingin melakukan aktivitas berfoto. Masalah yang sering terjadi pada kamera HP adalah seperti kamera gagal atau tidak berfungsi. Sebenarnya masalah ini tidak begitu serius, hanya saja kamu perlu berusaha sedikit untuk memperbaiki kamera yang tidak bisa dibuka.

Dafunda Tekno kali ini akan memberikan solusi cara mengatasi kamera gagal berfungsi atau error yang biasa disebut dengan (force close). Yuk simak gimana cara mengatasi kamera gagal tersebut berikut ini.

Cara Mengatasi Kamera Gagal Berfungsi

1. Lakukan Restart Smartphone atau Reboot

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki smartphone tidak berfungsi adalah dengan me-restart HP. Dengan melakukan reboot akan membuat sistem Android akan memulai ulang kinerja yang baru.

Kamu bisa mencoba mematikan smartphone kemudian lepas baterai, simcard dan sdcard nya selama beberapa menit. Kemudian pasang kembali dan nyalakan seperti biasa. Lalu coba buka kembali kamera apakah sudah berjalan dengan normal kembali.


2. Coba Hapus Data Aplikasi Kamera

Jika melakukan restart HP tidak membuahkan hasil untuk mengatasi kamera gagal, maka kemungkinan terjadi kesalahan pada aplikasi kamera itu sendiri. Nah kamu bisa mencoba memberhentikan aplikasi tersebut dan menghapus datanya dengan cara berikut.

  • Masuk ke menu Setting – Manager Aplikasi
  • Cari aplikasi kamera – Paksa berhenti – hapus data.

Jika sudah siap, coba buka kembali aplikasi kamera, apakah sudah berjalan kembali normal.


3. Melakukan Factory Reset

Apabila cara di atas juga belum bisa mengatasi kamera gagal terbuka, kamu bisa melakukan cara yang ketiga yaitu melakukan factory reset. Namun sebelum itu, kamu harus melakukan backup data penting supaya tidak hilang. Kemudian masuk ke menu setting – cadangkan dan reset (backup and reset) – reset data pabrik (factory reset) dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu coba buka lagi kamera apakah sudah bekerja.


4. Menggunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Dasarnya semua HP sudah memiliki aplikasi kamera bawaan sendiri. Namun kadang kala aplikasi kamera bawaan juga mengalami error dan tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu solusi yang paling mudah untuk masalah tersebut adalah menggunakan aplikasi kamera lain yang disediakan oleh pihak ketiga.

Sekarang sudah banyak sekali aplikasi kamera Android terbaik yang bisa kamu download secara gratis. Selain itu kamera saat ini sudah memiliki berbagai efek kamera, sebut saja seperti camera 360 yang pernah populer.


5. Bawalah Ke Tempat Service

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan dan tidak membuahkan hasil. Maka bisa kemungkinan terjadi kerusakan pada hardware. Jika begini maka kamu harus membawa HP nya ke tempat service smartphone terdekat.


Itulah tips atau cara mengatasi kamera gagal dan error di Android. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu untuk memperbaiki kamera yang tidak bisa dibuka.

5/5 (1 Review)

Ayo mulai berdiksusi