Cara Mencegah Virus Petya Menginfeksi Komputer Kamu


cara mencegah virus petya

Semenjak virus Petya muncul, sudah banyak komputer yang terinfeksi oleh virus ganas tersebut. Bahkan diprediksikan sudah mencapai puluhan ribu komputer yang sudah terserang oleh virus tersebut diseluruh dunia. Lebih parahnya lagi Petya 2017 (NotPetya) yang muncul kali ini bukan kedalam kategori ransomware biasa seperti jenis aslinya (Petya 2016). Iming-iming sebuah ransomware yang lebih fokus pada uang, Petya kali ini terbilang kedalam wiper dengan target utama merusak data yang terdapat didalam komputer.

Catatan: jangan lupa baca juga tentang cara membuat sendiri vaksin Petya (NotPetya) supaya komputer kamu tetap terjaga dari ancaman malware seperti kasus umumnya. Disitu sudah ada hal-hal yang perlu kamu lakukan demi melindungi komputer dari virus bahaya terutama dari infeksi Petya.

Cara Mencegah dari Ancaman Virus Petya yang Menginfeksi komputer

Berikut ini ada beberapa cara mencegah dari ancaman virus Petya yang menginfeksi komputer kamu dan merusak data, serta dapat mengurangi dari resiko komputer kamu terinfeksi olehnya.

  1. Jangan pernah lupa memastikan komputer Windows kamu selalu up to date dengan patch security terbaru. Karena umumnya petya ini menyebar melalui celah eksploit yang hampir sama seperti WannaCry, maka sudah perhatikan kembali patch MS17-010 sudah terinstall di komputer Windows kamu.
  2. Jika tidak menggunakannya, kamu juga bisa menonaktifkan fitur SMBv1 sebagai salah satu mencegah penyebaran nya.
  3. Antivirus dalam keadaan up to date dengan database terbaru. Pastikan antivirus termasuk seperti ( Windows Defender dan Microsoft Security Essentials) sudah ter-update demi mengenali dan mencegah petya ini.
  4. Jangan sesekali membuka serta menjalankan sebuah file attachment sembarangan, apalagi ada pihak yang mengirim ke kamu tanpa identitas yang jelas.
  5. Lakukan secara rutin backup berbagai data penting, baik itu secara local disk maupun secara online melalui cloud dan Google Drive.
  6. Jika kamu sebagai admin pada komputer yang ada di kantor atau komputer publik lainnya, usahakan tidak memberikan akses admin kepada pengguna lain yang tidak dapat kamu percayakan. Kamu bisa mengaktifkan user dengan privilege selain local administrator.
  7. Selalu aktifkan ekstensi file di File Explorer, jadi kamu tidak akan terkecoh dengan attachment palsu.
ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Mengetahui Password Instagram Pacar

Apa yang Harus Kamu Lakukan Jika Sudah Terserang Petya?

cara mudah mencegah virus petya

Jika komputer kamu terinfeksi virus Petya, sesaat komputer kamu akan menampilkan pesan seperti berikut ini:

DO NOT TURN OFF YOUR PC! IF YOU ABORT THIS PROCESS,YOU COULD DESTROY ALL OF YOUR DATA! PLEASE ENSURE THAT YOUR POWER CABLE IS PLUGGED IN!

 Kemudian akan kamu jumpai tampilan proses scandisk palsu. Disinilah dimana virus Petya sedang berusaha merusak seluruh data komputer mu. Nah jika kejadian ini menimpamu, segera matikan komputer untuk menghentikan proses tersebut. Jika komputer sudah dalam keadaan mati dan seluruh master file table belum di enkripsi, maka data dikomputer kamu kemungkinan besar masih dapat diselamatkan.

 

Putuskan segala koneksi jaringan baik melalui kabel LAN dan WiFi untuk mencegah merambatnya virus tersebut. Selain itu kamu juga bisa mematikan macro service di Microsoft Office. Pastikan juga firewall untuk jenis block port 139, 445 dan 3389 aktif selama proses backup data dan update patch selesai di komputer kamu.

ARTIKEL TERKAIT
Smartphone Kamu Masuk Kedalam Air? Atasi dengan Cara Ini

Perlu kamu ingat! apabila kejadian ini menimpa kamu dan sudah terlambat, alias semua data sudah rusak. Jangan pernah untuk membayar uang tebusan barang siapa yang menawarkan jasa perbaikan. Karena jenis Petya terbaru ini adalah Wiper, bukan ransomware. Segala data dikomputermu yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki lagi sekalipun kamu telah mengeluarkan uang tebusan berjuta-juta rupiah.

Dafunda Tekno berharap PC kamu selalu aman dan tidak terlindungi dari ancaman infeksi segala virus yang berbahaya terutama sekali oleh Petya (NotPtya) yang sedang heboh ini.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Muhammad Hanif

Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik