Cara Memperbaiki TouchScreen HP Android yang Tidak Berfungsi

in , , ,
Cara Memperbaiki Layar Touch Screen Android Error, Macet, Tidak Bisa Digunakan

Bagaimana cara memperbaiki Touchscreen layar sentuh smartphone atau tablet Android? Tentu pertanyaan ini akan muncul disaat kamu sedang mengalami rusak layar sentuh hp yang kamu gunakan saat ini.

Seperti yang kita ketahui, smartphone atau tablet sudah banyak membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita serta bermain game di HP Android kamu. Sekarang sudah banyak sekali ponsel atau smartphone Android yang menyediakan spesifikasi bagus dan mengingat harga dari smartphone tersebut sangat bersahabat dalam kantong kita.

Nah bicara soal layar, layar adalah bagian terpenting pada perangkat Android. Jadi jika layar sentuh Android kamu rusak, maka ini menjadi masalah yang sangat serius. Kadangkala layar sentuh error atau macet saat digunakan. Nah jika masalah ini menimpa kamu, tentu segala sesuatu pekerjaan yang berhubungan HP Android tersebut tidak bisa kamu gunakan sama sekali bukan?

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Hp Android

Cara Memperbaiki Touchscreen Layar Sentuh HP Android

Tidak sedikit masalah yang sering terjadi disaat layar berada di tingkat respon touch screen android yang sangat sensitif atau sebaliknya kadang juga masalah touch screen yang tidak bisa digunakan sama sekali atau disebut dengan error.

Sebenarnya sangat banyak penyebab mengapa touch screen hp android rusak. Diantaranya seperti ada aplikasi yang sedang berjalan dibalik latar belakang atau background dengan penggunaan RAM yang begitu besar. Pada kasus ini RAM akan mengalami macet sehingga membuat layar Android tidak dapat merespon. Selain itu bisa saja LCD Android kurang dijaga. Nah kali ini Dafunda Tekno akan membagiakn cara memperbaiki layar sentuh HP Android yang rusak.

Cara Mengatasi Touchscreen Android yang Rusak atau Error

Nah untuk memperbaiki layar sentuh tablet atau HP Android, di sini Dafunda Tekno akan memberikan cara mudahnya. Cara ini adalah paling dasar ketika terjadi masalah kecil di smartphone Android, lantas bagaimana cara mengatasi layar sentuh Android yang error. Berikut caranya.

A. Memperbaiki jika Touchscreen terlalu sensitif atau kurang sensitif

Time needed: 5 hours.

masalah pertama ini mungkin disaat layar sentuh HP Android mengalami terlalu sensitif atau kurang sensitif terhadap sentuhan. Namun kita bisa mengatasinya dengan langkah dibawah ini.

  1. Melakukan kalibrasi di Smartphone

    Langkah awal adalah melakukan kalibrasi smartphone Android kamu. Caranya buka Setting Display Calibration.Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android

  2. Cek singkat sensitif

    Sekarang cek tingkat sensitif dengan menggunakan kode
    *#*#2664#*#*

  3. Restart Smartphone Android

    Nah jika sudah, coba lakukan restart android kamu.


B. Lepaskan SIM Card, Baterai, dan MicroSD

Coba lepaskan semua komponen seperti baterai, SIM Card, dan MicroSD dari smartphone untuk memberikan kondisi netral. Dengan cara tersebut, juga bisa diandalkan untuk mengatasi layar sentuh tidak merespon di HP Android.


C. Membersihkan Smartphone & Tablet Android

Untuk mengatasi layar sentuh yang rusak di HP, kamu juga bisa melakukan perawatan yang rutin. Namun matikan terlebih dahulu sebelum membersihkan. Gunakan bahan yang lembut seperti tisu dengan dibasahi dengan alkohol isopil.


D. Melakukan Factory Reset

Disaat touchscreen benar-benar rusak di Android, maka melakukan reset Android ke pengaturan pabrik adalah pilihan terakhir. Namun cara ini tidak disarankan karena bisa menghilangkan data memori internal dan mengembalikan ke pengaturan awal. Jadi sebaiknya sebelum melakukan cara ini, lakukan backup data terlebih dahulu ke flashdisk atau memori eksternal lainnya. Cara melakukan reset android ke pengaturan pabrik adalah sebagai berikut.

  1. Matikan HP Android kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu tekan VolumeUp + HOME + Power secara bersamaan
  3. Kemudian gunakan tombol volume up untuk memilih menu Factory reset / Wipe data
  4. Selanjutnya tekan tombol Home untuk memulai proses reset Android
  5. Jika sudah selesai proses reset, sekarang pilih tombol Reboot System Now

Nah jika setelah kamu melakukan ketiga cara tersebut masih belum dapat kamu gunakan layar touchscreen Android. Maka Dafunda Tekno menyarankan untuk memperbaiki ke service center yang bisa dipercaya untuk mengatasi touchscreen android kamu terdekat.

Itulah cara memperbaiki layar sentuh HP Android yang rusak. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

5/5 (2 Reviews)

Ayo mulai berdiksusi