Cara Menjaga Privasi Di Windows 10

Takut Dimata-matai di Windows 10? Ikuti 9 Cara Ini Untuk Mengatasinya


Apakah kamu juga pengguna OS Windows 10? jika belum, rugi sekali hari gini masih belum install Windows 10 di laptop atau komputer kamu. Ya, windows 10 memang sangat banyak fitur-fitur baru dan bermanfaat untuk penggunanya. Namun ada beberapa fitur yang bisa mengancam privasi kamu juga loh.

Salah satu fitur yang mengancam di Windows 10 seperti Cortana, walaupun fitur ini sangat berguna, namun asisten digital ini terlalu banyak menggali informasi pribadi penggunanya. Selain itu Windows 10 sudah tersedia fitur berbagi umpan balik dan telemetri berbagi informasi penggunanya dengan Microsoft.

Tentu sebagian orang sangat sensitif dengan yang namanya privasi, dan mereka ingin mengontrol data pribadinya dengan transparan. Itu sebabnya Dafunda Tekno kali ini akan memberikan tips untuk membantu kamu mematikan fitur mata-mata yang ada di Windows 10.

Cara Mematikan Mata-mata Pada Windows 10

1. Menonaktifkan Iklan

cara matikan iklan di windows 10

Sama seperti Android dan iOS. Iklan di Windows 10 atau pada halaman aplikasi atau halaman web saat kamu browsing akan muncul berdasarkan dari data yang kamu kumpulkan. Iklan yang muncul sesuai dengan apa yang sedang kamu cari. Untungnya di Windows 10 ada pilihan untuk mematikan pengumpulan data dan untuk iklan tersebut berikut cara yang bisa kamu ikuti.

BACA
Inovasi Terbaru Microsoft “Holoportation” Menampilkan Lawan Bicara 3D

Pertama buka Settings > Privacy > General kemudian pilih pada tab “change privacy options“, lalu pilih “let apps my advertising ID for experiences across apps” Selanjutnya nonaktifkan.


2. Mematikan Fitur Cortana

Cortana juga menyediakan hal yang bermanfaat untuk penggunanya. Caranya dengan mengumpulkan data kamu dan memberikan saran yang baik dan juga kamu akan mendapatkan hasil yang lebih akurat. Namun jika kamu ingin membatasi layanan cloud tersebut dan tidak ingin data pribadi kamu digunakan oleh Cortana, ikuti cara mematikan Cortana berikut ini.

  • Pertama buka Start Menu, langsung ketikan Cortana lalu klik pilihan “Cortana & Search settings“.

mematikan fitur cortana

  • kemudian menonaktifkan berbagai opsi di pengaturan Cortana.

mematikan fitur cortana

  • Misalkan fitur “Hey Cortana”, “My device history”, dan “My search history”.

Catatan: Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur cerdas dari Cortana setelah mematikan fitur tersebut.


3. Mematikan OneDrive Sync

Seperti yang diketahui, OnoDrive adalah sebuah layanan cloud storage dari Windows 10. Dengan adanya fitur ini kamu akan dimudahkan untuk menyimpan file secara otomatis. Namun apabila fitur ini di aktifkan, maka semua data kamu akan di upload ke OneDrive. Maka sara Dafunda Tekno kamu bisa mematikan fitur ini supaya kamu bisa upload secara manual saja.

  • Pilih *system tray*,(tanda panah yang berada dibawah sisikanan bawah, atau dekat dengan icon baterai, icon jaringan WiFi).
BACA
Jepang Menemukan Teknologi Menyentuh Hologram Layaknya Benda Nyata

mematikan OneDrive Sync

  • Sekarang klik kanan ikon aplikasi OneDrive lalu pilih Settings.

mematikan OneDrive Sync

  • Nah, hapus centang pilihan “Start OneDrive automatically when I sign in to Windows” dan ada pilihan lain di bawahnya.
  • Lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan nya.

4. Mematikan Fitur Filter SmartScreen

Apabila kamu pernah mengaktifkan filter SmartScreen, maka Microsoft akan mengumpulkan setiap informasi mengenai URL yang pernah kamu kunjungi, atau aplikasi yang pernah kamu install. Fitur ini sebenarnya bertujuan dengan baik, yaitu untuk memblokir situs-situs berbahaya dan bisa menganalisa file yang kamu ingin download.

Namun, tentu Microsoft akan tahu apa saja aktivitas yang kamu lakukan di internet. Walaupun fitur ini sangat penting demi melindungi ancaman di internet, namun bagi kamu yang tidak ingin berbagi informasi tentang aktivitas kamu, sebaiknya mematikan fitur ini dengan cara berikut.

  • Peryama buka  menu Start kemudian ketik Control Panel.

mematikan filter smartscreen

  • Sekarang pilih System and Security > Security and Maintance.

mematikan filter smartscreen

  • Selanjutnya pilih Security, arahkan cursor ke bawah dan temukan fitur Windows SmartScreen, lalu Change Settings.

mematikan filter smartscreen

  • Pilihlah pada pilihan “Don’t do anything (turn of Windows SmartCreen).
BACA
9 Cara Menghidari Mata-mata di Windows 10

5. Mematikan Fitur Windows 10 Sync

Fitur Windows 10 Sync bisa kamu gunakan untuk menyimpan segala data seperti password, prefernsi bahasa, dan berbagai pengaturan lain dalam akun Microsoft. Namun jika kamu lebih mementingkan keamanan pribadi dari pada kemudahan, sebaiknya Dafunda Tekno sarankan untuk mematikan fitur ini dengan cara berikut ini.

  • Pertama buka Settings > Accounts > Sync your settings.

Nonaktifkan Windows 10 Sync

  • Disini terlihat daftar panjang dan kamu bisa memilih mana yang tidak ingin kamu sinkronisasi.

6. Beralih ke Akun Lokal

Windows 10, akun Microsoft juga bisa memudahkan kamu untuk menyinkronkan pengaturan dan masuk secara otomatis ke sebuah aplikasi, sinkron data dan banyak hal lain yang bisa kamu lakukan. Namun ini juga beralih kepada data kamu secara online atau akan melihat informasi kamu. Artinya privasi kamu dicurangi, nah sebabnya bagi kamu yang masih menggunakan akun Microsoft, lebih baik beralih ke akun lokal Windows 10 saja seperti cara berikut ini.

  • Pertama buka Settings > Accounts > Your info.
BACA
Cara Membuat Flash Drive Bootbable Windows, Linux Dan Lainnya Secara Gratis

alihkan ke akun lokal

  • Selanjutnya pilih “Sign in with a local account instead” lalu ikut petunjuk nya.

7. Matikan Fitur Izin Lokasi

Pengaturan lokasi ini juga bisa membantu aplikasi dan layanan lain bisa memberikan data yang lebih relevan bagi kamu. Seperti berita lokal, informasi cuaca, dan banyak lainnya. Namun bagi kamu yang tidak ingin berbagi lokasi dengan aplikasi atau situs web, kamu bisa menerapkan cara dibawah ini.

  • Pertama buka Settings > Privacy > Location.

mematiakan lokasi di Windows 10

  • Disini kamu bisa melihat beberapa pengaturan nya dan aplkasi yang membutuhkan lokasi. Matikan saja jika memang dianggap tidak perlu.

8. Konfigurasi Windows Update

Windows 10 juga bisa berbagi secara peer to peer update. Dimana teman-teman kamu di sosial media yang sama bisa menyalin update dari komputer kamu. Tetapi untung saja, kamu bisa mematikan fitur ini dengan cara berikut ini.

  • Pertama buka Settings > Update & Security > Windows Update.

Konfigurasi Windows Update

  • Pilih Advanced Options lalu hapus centang ada pilihan “Give me updates for other Microsoft products when I update Windows“.
BACA
Cara Mudah Daftarkan Bitcoin di Indonesia Lengkap

9. Nonaktifkan Feedback & Diagnostics

Windows 10 juga bisa mengirimkan segala data diagnostik ke server Microsoft untuk memberikan layanan peningkatan kepada penggunanya. Data yang dikirim adalah meliputi mengenai aplikasi, snapshot memori, dan lainnya. Namun sebagian orang tidak ingin berbagai apapun dari PC mereka ke server Microsoft. Kamu bisa melakukan cara berikut ini.

  • Klik tombol Start. lalu masuk ke Settings > Privacy > Feedback & diagnostics.

 

feedback

  • Kemudian ubah “frekuensi Feedback” ke Never dan ” Diagnostic & usage data menjadi Basic.

Pada dasarnya fitur Windows 10 sudah sangat bermanfaat dan canggih saat ini. Namun tidak selamanya segala informasi atau data pribadi kita selalu untuk dibagikan.

Jadi lebih baiknya kamu selalu bisa menyesuaikan pengaturan di Windows 10 dan setiap aplikasi yang kamu gunakan tidak akan memata-matai. Sebaik-baik fitur itu pasti ada sisi positif dan negatifnya, itu semua tergantung dari segi padang kamu juga.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Marah Marah
0
Marah
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Kautsar Juhari

Mulai 29 Juli Upgrade Windows 10 Tidak Gratis Lagi, Berapa Tarif Nya ?

Founder & CEO Dafunda Community. Anime Favorit saya Gintama, Film Favorit Forrest Gump, dan Game yang paling sering saya mainkan adalah Pro Evolution Soccer.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek & Pop-culture
Polling
Buat Polling dan Ajak Komunitas untuk Memilih
Peringkat
Buat List, Daftar atau Peringkat Seputar Geek & Pop-culture
Kuis Trivia
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Kuis kepribadian
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Video
Unggah Video Youtube Kamu dan jadilah Terkenal!