Hindari Aplikasi Palsu di Google Play Store dengan 4 Cara Ini

in , ,
Malware Google Playstore Dafunda.com

Keunggulan dari sistem operasi Android adalah sudah didukung open source yang berguna untuk mengkustomisasikan sistemnya. Tidah hanya di sistem operasinya saja, namun Android juga memberikan kemudahan dalam mengembangkan aplikasi Android terbaru.

Karena kemudahan tersebut, sekarang sudah banyak sekali kasus beredarnya aplikasi Android yang bajakan dan isinya malware. Supaya kamu terhindar dari aplikasi berisi malware tersebut, mari simak cara menghindari aplikasi Android berisi malware dengan 4 cara berikut ini.

Cara Menghindari Aplikasi Palsu yang Berisi Malware

Baru-baru ini pengguna smartphone Android dihebohkan dengan game Super Mario Run palsu yang terdapat malware didalamnya. Namun jangan salah, tidak hanya game-game keren saja yang berisi malware berbahaya. Makanya hindari sebelum terjadi pada kamu dengan cara berikut.

Jangan Download APK Aplikasi Berbayar

Pengguna sudah bisa menikmati beragam aplikasi Android mulai berbayar dan gratis dan mencari file APK dari aplikasi terkait. Nah, dengan kebiasaan pengguna Android, para hacker sengaja menyisipkan malware pada APK aplikasi Android berbayar.

Game Android Berbayar

 

Lebih Jeli Saat Memberikan Akses Admin

Cara Mencegah Virus Di Google Play Store (2)

Sangat banyak aplikasi Android meminta akses admin supaya mampu berjalan dengan baik. Nah ingat jika kamu mendownload APK dari sumber lain, jangan asalan saat memberikan akses admin. Bisa saja aplikasi berasal dari developer yang salah, dan berakibat fatal kemudian hari.

Mengetahui Ukuran File Sebenarnya

Pengguna Android biasanya jika tidak bisa download di Google Play Store akan menggunakan toko aplikasi pihak ketiga untuk menginstall aplikasi terbaik. Namun kamu harus memperhatikan ukuran file di toko aplikasi pihak ketiga dengan yang tersedia di Google Play Store.

Game Android Berbayar

Jika file aplikasi tersebut lebih besar dari aplikasi resminya, wajib untuk dicurigai. Karenabisa jadi ukuran file besar tersebut sudah tersisipi dengan malware yang bisa membuat data kamu hilang.

Perhatikan Permission

Cara Mencegah Virus Di Google Play Store (4)

Disaat kamu memasang aplikasi terbaru tentu akan muncul permission. Jadi perhatikan benar-benar apa saja yang dimintai akses oleh aplikasi tersebut. Jika ada aplikasi game offline, dan aplikasi edit foto yang meminta akses mobile data, dan akses kontak ini patut dicurigai.

Itulah 4 cara atasi aplikasi Android palsu yang terisi malware didalamnya. Kamu sekarang harus lebih hati-hati saat menginstall aplikasi Android dan lebih bijak dalam menggunakan aplikasi Android kedepannya.

0/5 (0 Reviews)

Ayo mulai berdiksusi