773 Email Dipastikan Bocor, Apakah Email Kamu Juga Termasuk? Begini Cara Cek

Cara Cek Akun Email Yang Hilang

Belum genap sebulan di awal tahun 2019 sudah terjadi sebuah insiden mengenai kebocoran data dari para pengguna internet sejagat raya. Sebanyak 773 unique ID (alamat) e-mail dari 21 juta password berhasil dicuri dan telah heboh di dunia maya.

Hal tersebut di ungkapkan oleh seorang peneliti keamanan Troy Hunt. Email tersebut tertampung hingga 12.000 file dengan ukuran total 87 GB yang di unggah di layanan cloud hosting Mega.

Dari sekian banyaknya file dalam bocoran email tersebut, sudah di hapus dari Mega, namun masih bisa ditemukan dari sebuah forum hacker populer yang namanya tidak disebutkan oleh Hunt.

Kebocoran data ini merupakan kali terbesar yang terjadi setelah sebelumnya terjadi pada Yahoo 2013, yang menimpa hampir tiga miliar akun.

Untung saja, alamat email dan password yang bocor dalam insiden ini tidak ada informasi penting yang ikut bocor seperti kartu kredit.

Cara Cek Email yang Kena Hacker

Nah kali ini Dafunda Tekno akan memberikan kamu solusi untuk mengecek alamat email kamu apakah termasuk ke dalam email yang bocor datanya seperti yang disebutkan oleh Hunt di atas.

Cara Cek Email Kena Hacker Min

Cara ceknya cukup mudah, pertama kamu bisa browsing di internet dengan mengetikkan https://haveibeenpwned.com/. Kemudian masukkan alamat email di kolom utama yang tersedia. Selanjutnya klik pada tombol ‘pwned’ yang berada di sebelah kanan.

Nantinya laman ‘Have I Been Pwned akan memberikan hasil laporan database jika akun email kamu masuk kedalam daftar kebocoran data.

Mudah sekali bukan? untuk mengatasi kejadian serupa, adakalanya kamu sering mengubah password dalam waktu yang berkala.

Ayo mulai berdiksusi