Bima Sakti Dianggap Sebagai Galaksi Kanibal, Apa Penyebabnya?

in
Wujud Bimak Sakti
A new impression of the Milky Way Galaxy seen from an oblique vantage point and showing the central bar and molecular ring.

Pada akhir tahun lalu, NASA telah mengumumkan terkait galaksi kanibal yang ditemukan oleh pihaknya bernama WISE J224607.55-0526634.9. Disebutkan galaksi tersebut menelan galaksi sejenisnya karena membutuhkan energi yang begitu besar untuk menghasilkan cahaya.

Menariknya, temuan terbaru tersebut menunjukkan Galaksi Bima Sakti yang ada Bumi di dalamnya memiliki perilaku yang sama yaitu bersifat kanibal. Hal tersebut diungkapkan oleh para tim peneliti dari Instituto de Astroficica de Canarias (IAC), Tenerife, Spanyol.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan, Bima Sakti yang disebut sudah menelan sebuah galaksi dengan massa 25% dari ukuran keseluruhannya. Peristiwa tersebut katanya sudah terjadi pada 10 miliar tahun lalu, seperti Dafunda Tekno kutip dari Phys.

Untuk membuktikannya, mereka menggunakan sebuah teleskop luar angka bernama Gaia punya badan antariksa Eropa (ESA). Alat tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan ukuran, posisi, kecerahan, dan jarak dari sekitar 1 juta terhadap bintang di Galaksi Bima Sakti dengan rentang jarak 6.500 tahun cahaya dari Matahari.

Sebelumnya Galaksi Bima Sakti dianggap terdiri dari dua kumpulan bintang terpisah namun saling terkait. Penyatuan kedua kelompok bintang tersebut masih menjadi misteri. Bisa jadi teori yang dilakukan tim peneliti dari IAC tersebut menjadi jawaban.

Menariknya lagi, ada potensi Bima Sakti akan menyatu dengan galaksi lain, seperti Andromeda dalam kurun waktu 4,5 miliar tahun dari sekarang.

Ayo mulai berdiksusi