Belajar Dasar HTML Untuk Progammer Pemula

Html Min

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrogaman dasar yang wajib dikuasai oleh progammer pemula. Nantinya, konsep dasar HTML berguna untuk membangun struktur dokumen dalam website.

HTML ini merupakan bahasa pemrogaman yang harus dipelajari oleh progammer untuk pertama kalinya. Belajar HTML tidak sesusah yang dibayangkan. Cukup belajar 1 jam saja, kamu sudah bisa membuat website offline sederhana.

Seri 1:  Belajar Dasar HTML Untuk Progammer Pemula


1.Siapkan Text Editor & Web Browser

Dalam mempelajari HTML, kita hanya perlu membutuhkan 2 alat saja yaitu Text Editor dan Web Browser. Pertama Web Browser, jadi nantinya web browser ini berfungsi untuk menampilkan hasil dari codingan kita. Kamu bisa menggunakan web browser apa saja, termasuk browser yang sedang kamu gunakan saat ini.

Jika belum memiliki text editor, kalian bisa membaca artikel “5 Rekomendasi Text Editor Untuk Progammer”.  Text editor berfungsi sebagai alat untuk menuliskan kode HTML yang ingin kalian tulis nantinya.

2. Mempelajari Apa Itu Element, Tag dan Attribute Dalam HTML


HTML memiliki struktur tersendiri yang nantinya dapat dipahami sehingga dapat ditampilkan dalam browser. Nah, struktur tersebut dinamakan element.

Element ini terdiri dari tag pembuka, content dan tag penutup.

<p> Content </p>

<p> merupakan tag pembuka, ditengah tengah tag ada content yang nantinya berisi konten ingin kamu isikan </p> merupakan tag penutup. Sebenarnya tag pembuka (</p>) tidak selamanya menggunakan p. Jadi, p hanya menunjukkan bahwa kalimat paragraf normal. Ada banyak tag lain yang bisa kamu gunakan sesuai kamu butuhkan

Contoh :

<b> Dafunda </b>

Hasilnya di Text Editor (Tulisan Dafunda menjadi tebal) seperti ini

Dafunda

Selain element dan tag, kita juga perlu mempelajari attributes dalam konsep dasar HTML. Attributes ini biasanya berisi dengan infomasi tambahan mengenai content dalam elements.

Contohnya, ada tulisan yang bisa keluar link kaya gini, Dafunda Tekno

<a class="attribute"> content </a>

Jadi, bedanya dengan yang tadi. Kodingan yang ini agak sedikit berbeda dengan tambahan class=”attribute” ditengah-tengah tag pembuka.

Contoh

<a href="Dafunda.com"> Dafunda </a>

Hasilnya diperoleh

Dafunda

3. Mempelajari Struktur HTML Dalam Website


Nah, tadi kita sudah pelajari apa itu elements, tag dan attributes. Kini, kita mempelajari bagaimana struktur HTML dalam website.

<!DOCTYPE html>
<html>
     <head>
          <meta charset="utf-8">
          <title>Halaman pertamaku</title>
     </head>
     <body>
          <p>Ini adalah halaman pertamaku</p>
     </body>
</html>

Nah, itulah struktur sederhana HTML yang biasanya dipakai dalam website

  • <!DOCTYPE html> berfungsi untuk melakukan deklarasi dokumen
  • <html> merupakan tag pembuka dan penutup yang ada dalam html. Tag ini berfungsi sebagai tag induk html. Karena semua tag nantinya akan tercover dengan tag html ini.
  • <head> merupakan tag yang nanti berisi konten – konten tak terlihat dalam web browser. 
  • <meta charset=”utf-8″> merupakan kode yang berfungsi untuk menjelakan bahwa kodingan tersebut mengikuti penulisan utf-8
  •  <title> merupakan kode yang berfungsi untuk menunjukkan judul website pada tab browser
  • <body> merupakan kode yang berisi konten yang nantinya terlihat pada tampilan browser. 

Nah, itu konsep dasar HTML yang perlu teman – teman pelajari. Nantikan, seri belajar HTML lainnya. Stay Tune di Dafunda Tekno 🙂

Ayo mulai berdiksusi