Ingin Jadi Web Developer? Tapi Mulai Belajar Bahasa Pemrograman yang Mana Dulu?

Bahasa Pemrogaman Min

Ingin jadi web developer tapi mulai dari mana? Mungkin pertanyaan ini sering dilontarkan oleh beberapa orang yang ingin terjun di dunia progamming. Nah maka dari itu, Dafunda Tekno akan menjelaskan sebaiknya belajar bahasa pemrograman yang mana dulu untuk menjadi web developer?

Bahasa Pemrograman yang Sebaiknya Dipelajari Terlebih Dahulu Untuk Menjadi Web Developer


1.HTML

bahasa pemrograman HTML
HTML (Hypertext Markup Language) | devmedia.com.br

Pertama, HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang wajib dikuasai terlebih dahulu sebelum belajar bahasa lainnya. HTML ibarat pondasi dasar dari bahasa pemrograman lainnya. 

Tapi tenang, belajar HTML tidak susah – susah amat kok. Jadi, HTML ini nantinya berguna sebagai struktur dasar dalam sebuah website.


2. CSS

CSS Bahasa Pemrogaman Min
CSS (Cascading Style Sheets) | lynda.com

Setelah belajar HTML, kini anda perlu belajar CSS (Cascading Style Sheets). CSS berguna untuk mempercantik tampilan website. Jadi, HTML itu hanya bisa membangun struktur website dengan sangat sederhana. Ibarat membangun dinding, HTML baru sampe menyusun batu bata saja. Sementara, CSS berfungsi untuk mengecat dinding. Selain pewarnaan juga, melakukan perubahan bentuk seperti lingkaran dan lain – lain bisa menggunakan CSS

Nanti dalam CSS, kita banyak belajar mengenai pewarnaan dan lain – lain.


3. PHP

PHP Min
PHP (Hypertext Preprocessor) | PHPnuke.org

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa pemrograman yang harus dipelajari sesudah belajar HTML dan CSS. PHP ini nantinya digunakan untuk membuat program dari website agar memiliki sistem yang bagus.

Bahasa pemrograman PHP sendiri merupakan bahasa yang nantinya bakal dominan digunakan dalam pembuatan website.


4. MySQL

Mysql Min

Setelah belajar PHP, kadang kita perlu yang namanya tempat untuk menyimpan data yang biasa dikenal dengan database. Sebenarnya, tidak hanya MySQL bahasa pemrograman yang mengenai database. Ada yang namanya bahasa MariaDB, ini merupakan bahasa database baru. Namun, bagi progammer pemula belajar MySQL saja sudah cukup.

5. Javascript

Javascript Min

Javascript ibarat hidangan pelengkap saja. Meskipun pelengkap, kehadirannya sangat dibutuhkan untuk menampilkan website yang interaktif. Javascript nantinya berhubungan dengan animasi yang muncul ketika user melakukan tindakan di website anda. Misal anda salah mengisi password, nanti ada notifikasi yang muncul.

Ayo mulai berdiksusi